MAN Bengkulu Selatan Adakan Lomba Kepramukaan Scout Skill Competition

MAN Bengkulu Selatan Adakan Lomba Kepramukaan Scout Skill Competition

Bengkulu Selatan (Inmas)- Pramuka Peggalang ikuti lomba kepramukaan di MAN Bengkulu Selatan. Tujuh pangkalan gugus depan Pramuka Penggalang tingkat pelajar MTs dan SMP mengikuti lomba kepramukaan Scout Skill Competition III Tahun 2020 yang diselenggarakan MAN Bengkulu Selatan dalam rangka Miladnya ke 47.

"Ini adalah momentum yang sangat baik bagi adik-adik Pramuka untuk menunjukkan jati diri dan mengembangkan jiwa kepramukaan serta mengasah kemampuan melalui Scout Skill Competition III," ujar Niswah Hasanah, S.Pd Pembina Gudep 07.028 MAN Bengkulu Selatan, yang membuka kegiatan tersebut di halaman MAN Bengkulu Selatan, Rabu (29/01).

Sejumlah perlombaan yang digelar dalam kegiatan tersebut, di antaranya Lomba Keterampilan Baris Berbaris (LKBB) 7 gugus depan (Gudep) tingkat Penggalang MTs/SMP, lomba phionering berjumlah 7 Gudep, dan lomba semaphore dance yang berjumlah 6 Gudep Penggalang MTs/SMP.

Niswah Hasanah, menngatakan pada era milenial ini kebersamaan, kedisiplinan, dan semangat gotong-royong yang berkaitan dengan persatuan dan kesatuan mulai memudar. Oleh karena itu, katanya, perlu optimalisasi kegiatan kepramukaan karena Pramuka salah satu organisasi yang dapat menciptakan semangat kebersamaan, kedisiplinan, dan gotong-royong. "Pramuka tidak hanya melatih mental, fisik, dan sikap sosial tapi juga memiliki jiwa seni yang sangat berharga dalam kehidupan masyarakat," sampainya.

Nazwan Milyan dari pengurus Kwartir Cabang Gerakan Pramuka 0701 Bengkulu Selatan, mengatakan pihaknya bangga dan mengapresiasi kegiatan semacam ini dengan harapan kegiatan serupa dapat terus berlanjut. "Saya inginkan MAN Bengkulu Selatan ini bisa menjadi contoh bagi sekolah lain agar bisa mengadakan kegiatan kepramukaan lain seperti Scout Skill Competition ini," katanya.

Ia mengemukakan kegiatan tersebut hal yang positif bagi pembangunan sumber daya manusia dan dapat membuktikan kepada masyarakat serta publik bahwa kegiatan pramuka bisa membangun silaturahim sebagai anak bangsa. "Pramuka adalah salah satu pilar dari bangsa Indonesia untuk membentuk suatu karakter yang cerdas dan bermanfaat bagi bangsa dan negara sehingga ke depannya generasi tersebut bisa menjaga dan mengawal persatuan dan kesatuan bangsa kita Indonesia,“ ujar Nazwan.

Terkait kegiatan Scout Skill Competition III pada Milad 47 MAN Bengkulu Selatan. Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I, berharap kegiatan ini juga dapat mempererat tali persaudaraan antar sesama anggota Pramuka dan meningkatkan ketangkasan serta kecepatan dalam berpikir dan bertindak. "Melalui kegiatan Scout Skill Competition ini kami juga ingin meningkatkan seni dan kreativitas para anggota pramuka, khususnya di wilayah provinsi Bengkulu," ujarnya. (Ich_AbuHanifah)

Bagikan :