MIN 4 Bengkulu Tengah Membiasakan Budaya 5S

MIN 4 Bengkulu Tengah Membiasakan Budaya  5S

Bengkulu Tengah (Inmas) - Sudah melaksanakan pendidikan berkarakter sejak beberapa tahun lalu dalam kegiatan akademik mapun non akademik melalui pembiasaan 5S (senyum, sapa, salam, sopan, santun). Setiap pagi guru berdiri di gerbang sekolah untuk menyambut dan bersalaman dengan siswa yang datang ke sekolah, hal ini bermasud untuk menumbuhkan kedisiplinan siswa dan guru.

Sebelum masuk pada materi pelajaran siswa bersama guru berdoa dan membaca asmaul husna atau sholawat nabi. Selama kegiatan pembelajaran berlangsung guru menciptakan suasana pembelajaran yang menyenangkan dan bermakna bagi siswa. Sikap humanis harus selalu diterapkan oleh guru untuk mendidik siswa sehingga ada sikap keterbukaan dan peduli dari siswa kepada guru begitu pula guru kepada siswa serta perilaku sesama siswa. Pada proses pembelajaran tersebut dimaksudkan untuk menumbuhkan budi pekerti dan nilai karakter hormat dan cinta damai.

“5S ini adalah kegiatan pembiasaan yang akan menempa karakter yang baik bagi siswa sejak dini. Tugas kita sebagai guru bukan hanya mengajar tetapi juga mendidik, dengan memnumbuhkan karakter para siswa dengan baik maka mereka akan menjadi generasi yang berbudi pekerti baik” Ungkap Anita Kepala Madrasah.

Kegiatan pembiasaan 5S ini diharapkan dapat menjadi kebiasaan yang diterapkan oleh para siswa di lingkungan mereka, sekolah, keluarga maupun masyarakat. (Kadi)

Bagikan :