Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah

Upacara Hari Amal Bakti Kementerian Agama Tingkat Kabupaten Bengkulu Tengah

Bengkulu Tengah (Inmas) – Puncak peringatan Hari Amal Bhakti (HAB) Kementerian Agama ke 74 ditandai dengan dilaksanakannya upacara bendera. Upacara peringatan Hari Amal Bhakti Kementerian Agama ke 74 Tingkat Bengkulu Tengah  dilaksanakan di Halaman Kantor Kementerian Agama Bengkulu Tengah Jum’at (3/1) pagi.

Peringatan Hari Amal Bakti Kementerian Agama ke 74 pada tahun 2020 ini,menekankan lebih kepada kerukunan. Pentingnya menjalin kerukunan umat beragama sebagai kunci membangun jiwa yang berintegrasi nasional dan selanjutnya dapat mendukung Visi Presiden RI menuju Indonesia maju.

Kepala Kemenag Bengkulu Tengah H. Sipuan, S. Ag.,MM selaku Inspektur upacara membacakan amanat dari Menteri Agama RI dengan tema ‘Umat Rukun,Indonesia Maju’ yang sekaligus mengajak seluruh jajaran Kementerian Agama di Pusat dan di Daerah agar menjadi agen perubahan dalam memperkuat kerukunan antar umat beragama di Tanah Air. Kerukunan antar umat beragama merupakan modal bersama untuk membangun negara dan menjaga integrasi nasional.

Selanjutnya,terkait dengan sambutan Menteri Agama RI,dalam kutipan lagu kebangsaan Indonesia Raya “Bangunlah jiwanya,bangunlah badannya,untuk Indonesia Raya.” Pembangunan jiwa disebut lebih dulu daripada pembangunan raga atau fisik. Tugas utama Kementerian Agama adalah membangun jiwa manusia sebagai landasan terbentuknya mental bernegara yang baik. Meski pembangunan infrastruktur fisik juga dilakukan oleh Kementerian Agama,namun itu dalam rangka menunjang pembangunan jiwa. Kementerian Agama menyelenggarakan dua fungsi strategis,yaitu fungsi agama dan fungsi pendidikan,ujarnya.

Dalam amanat Menteri Agama RI,yang dibacakan Kepala Kemenag Bengkulu Tengah H. Sipuan, S. Ag.,MM mengajak kepada seluruh jajaran Kementerian Agama di seluruh Indonesia untuk memperhatikan 6 (enam) hal yakni:

  1. Pahami sejarah Kementerian Agama serta regulasi,tugas dan fungsi kementerian ini dalam konteks relasi agama dan negara;
  2. Jaga idealisme,kejujuran,integritas dan budaya kerja Kementerian Agama di tengah arus kehidupan yang serba materialistis,selaraskan antara kata dengan perbuatan,sesuaikan tindakan dengan sumpah jabatan;
  3. Tanamkan selalu bahwa bekerja adalah ibadahdan melayani masyarakat adalah sebuah kemuliaan;
  4. Perkuat ekosistem pembangunan bidang agama antarsektor danantar pemangku kepentingan,baik sesama institusi pemerintah,tokoh agama,organisasi keagamaan dan segenap elemen masyarakat;
  5. Rangkul semua golongan dan potensi umat dalam semangat kebersamaan,kerukunan,persatuan dan moderasi beragama sejalan dengan falsafah Pancasila yang mempersatukan anak bangsa walau berbeda ras,etnik,keyakinan agama dan golongan;
  6. Implementasikan Visi dan Misi Pemerintah ke dalam program kerja Kementerian Agama di semua unit kerja pusat,daerah dan Perguruan Tinggi Keagamaan.

“Terima kasih dan penghargaan yang tinggi kepada seluruh aparatur Kementerian Agama,baik yang masih aktif maupun yang telah purna bakti atas segala dedikasi dan pengabdiannya. Terimakasih kepada Kementerian Agama yang terus berbenah dalam berbagai kegiatan terutama mendukung kegiatan keagamaan yang ada di Bengkulu Tengah,imbuh Sipuan (Jion)


Bagikan :