Kanwil Kemenag Bengkulu Wujudkan Jemaah Haji Yang Tangguh

Kanwil Kemenag Bengkulu Wujudkan Jemaah Haji Yang Tangguh

//Gelar Pra Manasik

BENGKULU (INMAS) – Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu bertekad akan mewujudkan jemaah haji Provinsi Bengkulu yang tangguh, mandiri dan menguasai ilmu manasik haji dengan menggelar kegiatan Pra Manasik Haji di Hotel Santika Selasa, (24/12). Didampingi Kabid Penyelenggaraan Haji dan Umrah Drs. H. Ramlan, MHI, kegiatan dibuka secara resmi oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd.

Dalam kesempatan itu, Bustasar mengapresiasi program yang dilaksanakan Bidang Penyelenggaraan Haji dan Umrah Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Karena selain menjadikan CJH yang tangguh dan mandiri, kegiatan ini juga bertujuan untuk mengetahui persiapan-persiapan CJH dalam melaksanakan kegiatan penyelenggaran haji di tahun 2020 mendatang menjadi lebih baik.

‘’Kita ingin mengetahui CJH tahun 2020 yang mandiri, yang berkualitas ibadahnya, berkualitas sosialnya serta berkualitas kesehatannya,’’ kata Bustasar.

Bustasar menegaskan, bahwa kuota CJH di Bengkulu yakni sebanyak 1.641 orang yang akan melaksanakan ibadah haji ditahun 2020 mendatang. Harapan keluarga, harapan pemerintah dan harapan masyarakat ketika pulang melaksanakan haji sesuai dengan kuota yang telah ditetapkan. Artinya hal tersebut perlu dipersiapkan secara maksimal, karena itu jemaah harus melaksanakan rangkaian ibadah dengan mandiri.

‘’Meskipun Kemenag dan Pemerintah telah menyiapkan petugas haji dan panitia. Namun karena jumlah jemaah yang begitu besar, sedangkan petugas yang disiapkan panitia sangat terbatas. Makanya CJH dapat memahami rangkaian ibadah haji sekaligus menjadi haji yang mandiri,’’ harap Bustasar.

Diakhir amanahnya, Bustasar berpesan agar CJH untuk menjaga kesehatan dengan baik, mantapkan niat untuk melaksanakan ibadah haji, persiapkan bekal lahir batin baik bekal keilmuan serta bekal untuk keluarga yang ditinggalkan. Sehingga niat CJH ketika telah berada di tanah suci Mekah dirahmati oleh Allah SWT. ‘’Dan yang terpenting kita menjadi haji yang mabrur,’’ demikian Bustasar.

Sementara itu, Ketua Panitia Drs. H. Zupiruddin menjelaskan bahwa kegiatan diikuti sebanyak 100 orang peserta, yang terdiri dari 75 orang CJH termasuk Kasi Haji dan JPU Kemenag Kota, 8 orang dari Kemenag Bengkulu Tengah, 5 orang dari Kemenag Bengkulu Utara, serta 7 orang dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu. Materi kegiatan yang dikupas pada acara Pra Manasik Haji tahun 2019 ini adalah Kebijakan Kementerian Agama dalam penyelenggaraan Haji yang disampaikan oleh Mahmudi Affan Rangkuti dari Dirjen PHU Kemenag RI, Program dan Kebijakan Bina Haji Tahun 1441 H/2020 M. Serta program Penyelenggaraan Ibadah Haji di Provinsi Bengkulu tahun 2020 oleh Kakanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Bustasar, MS, M.Pd, serta alur Penyelenggaraan Ibadah Haji di Provinsi Bengkulu oleh Kabid PHU Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu Drs. H. Ramlan, MHI. (Tatang/Yun)

 

Bagikan :