Pembagian Raport Ganjil Siswa MAN Bengkulu Selatan

Pembagian Raport Ganjil Siswa MAN Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Inmas)- (20/12) Madrasah Aliyah Negeri (MAN) Bengkulu Selatan melaksanakan acara pembagian raport berbasis Aplikasi Raport Digital (ARD) di lapangan utama MAN Bengkulu Selatan, Jumat (20/12/2019).

Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd mengucapkan rasa syukur dan berterimakasih kepada seluruh dewan guru MAN Bengkulu Selatan yang telah bekerja keras dalam beberapa hari belakangan ini guna menyelesaikan penginputan nilai melalui Aplikasi Raport Digital (ARD) madrasah Versi 2.3.5

"Alhamdulillah hari ini, sesuai dengan jadwal kalender pendidikan madrasah kita dapat mengadakan acara pembagian raport, dan seperti kebiasaan tahun tahun sebelumnya, madrasah kita selalu memberikan apresiasi kepada siswa yang berprestasi.,” ucapnya saat memberikan sambutan.

Lebih lanjut Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd menyampaikan bahwa buku raport itu sendiri merupakan salah satu pertanggungjawaban madrasah kepada orangtua atau  masyarakat tentang kemampuan yang telah dimiliki peserta didik yang berupa sekumpulan hasil penilaian. Rapot ini memiliki manfaat untuk beberapa kalangan.

Diantara manfaat tersebut adalah  Bagi Siswa : Mengetahui kemajuan hasil belajar diri, konsep-kosep atau teori-teori yang belum dikuasai, memotivasi diri untuk belajar lebih baik, memperbaiki strategi belajar. Bagi Orang Tua : Mengetahui perkembangan anaknya sehingga orang tua dapat membantu anaknya belajar, memotivasi untuk meningkatkan hasil belajar dan melengkapi fasilitas belajar di rumah. Bagi Guru Mata Pelajaran : Sebagai feedback juga penilaian digunakan guru untuk mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam satu kelas. Hasil penilaian harus dapat mendorong guru agar mengajar lebih baik, dan membantu guru untuk menentukan strategi mengajar yang lebih tepat. Bagi Wali Kelas : Melalui raport wali kelas dapat mengetahui kekuatan dan kelemahan siswa dalam kelas yang diampunya wali kelas dapat menentukan strategi dalam pengelolaan kelas yang menjadi tanggung jawabnya misalnya dengan menata ulang pengaturan tempat duduk, pembagian anggota kelompok belajar dan langkah strategis lainnya untuk membantu siswa meningkatkan kompetensi siswa atau membantu mengatasi kesulitan belajar siswa yang lemah.

Wakil Kepala Madrasah Bidang Kurikulum Usman Gumanti, S.Pd menjelaskan acara pembagian raport adalah bentuk laporan dari guru atas hasil belajar dari peserta didik MAN Bengkulu Selatan selama proses pembelajaran semester ganjil tahun pelajaran 2019/2020.

Usman Gumanti, S.Pd menyampaikan pembagian raport dan pemberian rangking kelas ini bertujuan menjadi wahana penambah semangat belajar siswa dari hari ke hari. Karena dari sana siswa akan terus giat belajar sehingga tujuan pembelajaran berjalan dengan lancar. "Walau sebenarnya rangking bukanlah satu-satunya penentu kesuksesan siswa di masa mendatang, namun menjadi salah satu cara menuju kesuksesan itu" ujarnya.

"Nilai yang terdapat pada raport ARD untuk semester ini adalah akumulasi dari perolehan nilai selama proses pembelajaran satu semester dan hasil Penilaian Akhir Semester (PAS),” jelasnya.

Sebagai catatan Best Akademik diperoleh : juara umum kelas 10 atas nama Ulva Annatri Mareccha dengan rata-rata nilai  84,97 point. Juara Umum Kelas 11 atas nama Aisyah dengan rata-rata nilai  86,31 point. Dan Juara umum kelas 12 atas nama Khan D Repel Delesep dengan rata-rata nilai  89,80 point

"Kami berharap dengan prestasi yang diraih pada semester ini, menjadi motivasi bagi seluruh Siswa MAN Bengkulu Selatan untuk memperoleh prestasi yang membanggakan madrasah,” harapnya. (Ichal-AbuHanifah)

Bagikan :