Festival Literasi MAN Bengkulu Selatan, Adakan Lomba Pojok Baca yang Nyaman dan Menarik

Festival Literasi MAN Bengkulu Selatan, Adakan Lomba Pojok Baca yang Nyaman dan Menarik

Bengkulu Selatan (Inmas)- (19/12) Terinspirasi dari program Gerakan Literasi Sekolah (GLS), Kepala Perpustakaan MAN Bengkulu Selatan Herlina, S.Pd, mencoba menumbuhkan minat baca siswa dengan membuat program pojok baca. Tujuannya untuk mendekatkan siswa dengan buku bacaan sehingga mendorong minat mereka untuk membaca. “Alhamdulillah program ini mendapatkan sambutan baik, dan dilombakan antar kelas. Wali kelas langsung membuat pojok baca di kelasnya masing-masing. Semua pembiayaan yang muncul dalam pembuatan pojok baca kelas ini berasal dari madrasah, siswa, dan wali kelas”, ungkapnya.

Adanya pojok baca ini membuat siswa menjadi rajin membaca di kelas. Mereka juga semakin betah di kelas karena sudah ada pojok baca yang menarik. Siswa juga ikut menyumbangkan buku yang diletakkan di pojok baca kelas. Ada juga mading kelas di pojok baca sebagai tempat pemajangan hasil karya, Atau Mading kelas yang dipajang di tempat khusus yang disiapkan oleh madrasah.

Kepala MAN Bengkulu Selatan Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I, menyambut baik program lomba pojok baca dan lomba mading ini dalam rangka menumbuhkembangkan Gerakan Literasi Sekolah di MAN Bengkulu Selatan. “Akan kita siapkan hadiah menarik untuk pemenang”, Ujarnya. Wali kelas dan para siswa bekerja sama mempercantik pojok baca. Koleksi bukunya juga ditambah. Penilaian program lomba ini dimulai sejak 2 September 2019 dan berakhir pada 29 Nopember 2019.

Selain itu, Dra. Dwi Sugilarwati, M.Pd.I juga menyampaikan, program ini adalah upaya  kita untuk meningkatkan budaya literasi, mulai dari membaca, menulis literasi terhadap IT, serta untuk memotivasi agar gerakan literasi di madrasah kita dapat berjalan dengan baik dan benar. “Harapan kita semoga gerakan literasi yang dijalankan, terutama di MAN Bengkulu Selatan dapat mendorong tumbuh-kembangnya kemandirian dan inovasi warga madrasah kita” sampainya.

“Untuk tim penilainya terdiri dari Guru dan Pengelola Perpustakaan MAN Bengkulu Selatan. Kriteria penilaian pojok baca ini adalah kenyamanan pojok baca untuk tempat membaca, menarik minat membaca siswa, dan tersedianya buku-buku bacaan yang relevan untuk siswa, Estitika dan Wawancara langsung Tim Penilai”, Jelas Herlina, S.Pd.

Dan jelang akhir kegiatan pembelajaran semester ganjil tahun ini, diumumkan hasil lomba pojok baca dan lomba madding antar kelas MAN Bengkulu Selatan yaitu : untuk lomba pojok baca sebagai juara satu adalah kelas 10 Mipa 2, juara dua kelas 11 Mipa 2 dan juara ketiga kelas 11 Mipa 3. Dan untuk lomba Mading juara satu kelas 10 Mipa 1, juara dua kelas 11 Mipa 3 dan juara ketiga kelas 11 Mipa 1. (Ichal-AbuHanifah)

Bagikan :