Tari Sakral Warnai Pembukaan HAB Kemenag di Rejang Lebong

Tari Sakral Warnai Pembukaan HAB Kemenag di Rejang Lebong

Rejang Lebong (Inmas)-Tarian sakral Suku Rejang warnai pembukaan Hari Amal Bakti (HAB) Ke-74 Kementerian Agama. Tarian yang dikenal dengan nama Kejei ini merupakan tari persembahan. Biasanya tari ini disajikan ketika menyambut tamu terhormat. Pada zaman dahulu tari Kejei digunakan menyambut raja. Seiring perjalanan waktu tari Kejei juga digunakan ketika menyambut para pejabat.

Madrasah Tsanawiyah (MTs) Baitul Makmur menjadikan tari Kejei sebagai ekstrakurikuler. Para siswa maupun siswi diberikan pelatihan serta bimbingan tentang tari Kejei. Tujuannya adalah agar para generasi muda mengenal dan mencintai budaya warisan para leluhur.

Pada pembukaan HAB ke-74 di Kabupaten Rejang Lebong tari Kejei tidak ketinggalan. Tari ini dipersembahkan di hadapan Kepala Kantor Kementerian Agama (Kankemenag) Kabupaten Rejang Lebong (RL) Drs. H. Lapulangi, MM. Kepala Kemenag didampingi oleh Kasubag TU Drs. H. A. Spani, M.Pd dan Ketua Panitia HAB Drs. H. Akhmad Hafizuddin, MHI.

Setelah penyambutan secara adat dilakukan, Kepala Kemenag dan rombongan menuju panggung utama guna memulai acara. Pembukaan acara HAB diikuti oleh segenap pegawai di lingkungan Kankemenag RL serta para siswa madrasah dengan khidmat. (Bulkis)

 

Bagikan :