MTsN 1 Seluma Melaksanakan Ujian Semester Ganjil Berbasis Android

MTsN 1 Seluma Melaksanakan Ujian Semester Ganjil  Berbasis Android

Seluma (Inmas) – Madrasah Tsanawiyah Negeri (MtsN) 1 Seluma menyelenggarakan Ujian semester ganjil hingga hari terakhir tampak berbeda dengan ujian semester pada umumnya. Kali ini, MTsN 1 Seluma mencoba menggunakan android dalam melaksanakan ujian semester tersebut.

Kepala MTsN 1 Seluma, Emi Sudarmi, M.Pd mengatakan, pelaksanaan ujian semester ganjil kali ini selangkah lebih maju, sebab dengan jumlah peserta didik dari kelas VII, VIII sampai kelas IX, mereka semua mengikuti ujian semester berbasis Android.

“Kami berharap ujian semester berbasis android, dapat diikuti oleh siswa secara tertib, dan mematuhi seluruh ketentuan dari panitia semester, sehingga dapat berjalan aman dan lancar,” ujar Emi Sudarmi, pada saat meninjau pelaksanaan Ujian semester beberapa waktu yang lalu.

Emi sapaan Akrabnya mengatakan, sebelum pelaksanaan ujian, pihaknya telah mempersiapkan seluruh perangkat, mulai dari memasang jaringan wifi di seluruh kelas, menyediakan server untuk semua kelas, sehingga pada saat ujian, perangkat android siswa dapat menjangkau jaringan wifi.

“Pelaksanaan ujian berbasis android di MTsN 1 Seluma baru pertama kalinya dilakukan, hal itu bertujuan untuk mengimbangi perkembangan teknologi yang ada, apalagi sekarang seluruh siswa sudah memiliki android,” katanya.

Menurutnya, pelaksanaan ujian semester berbasis android sangat efeisien, sebab tidak mengeluarkan biaya besar, seperti penggandaan melalui foto copy, dan sangat menghemat kertas.

“Ujian berbasis android ini juga dapat memudahkan guru untuk menerima hasil ujian, karena tidak lagi memeriksa secara manual, semua hasil setelah selesai ujian akan mucul di aplikasi, dan setiap guru dapat mengakses hasil melalui android masing-masing guru,” jelasnya.

Emi Pun mengapresiasi, tim Teknologi Informasi (IT) dan para Proktor di MTsN 1 Seluma, karena sudah bekerja keras dari awal untuk mempersiapkan ujian ini,  mulai dari pemasangan jaringan wifi, dan penginputan soal-soal di aplikasi yang sudah disiapkan oleh Madrasah.

“Semoga pelaksanaan ujian semester berbasis android yang pertama kali ini berjalan dengan lancar tanpa ada kendala,” ujarnya yang diamini oleh seluruh dewan guru dan siswa.

Bagikan :