Guru MTsN 2 Mukomuko Selesaikan Input Nilai Ke Aplikasi Raport Digital

Guru MTsN 2 Mukomuko Selesaikan Input Nilai Ke Aplikasi Raport Digital

Mukomuko (Inmas)-Kesibukan terlihat di ruang guru usai pelaksanaan UAS ganjil tahun pelajaran 2019/2020. Pasalnya seluruh guru bidang studi harus menginput nilai ke Aplikasi Raport Digital (ARD) baik nilai harian maupun nilai akhir. Penginputan nilai tersebut harus diselesaikan kurang lebih 2 minggu jelang pembagian raport.

Aplikasi Raport Digital (ARD) ini mulai digunakan MTsN 2 Mukomuko sejak tahun lalu dan terus mengikuti pembaharuan dari pusat.

"Adapun menu yang terdapat di aplikasi tersebut di antaranya bobot dan KKM, input nilai harian, input nilai akhir, wali kelas yang mencakup info siswa, raport, dan leger," terang Muhtohar, salah satu dewan guru sekaligus wali kelas yang tengah sibuk mengisi raport, Kamis (12/12/2019).

Kepala MTsN 2 Mukomuko, Muhsinun,M.Pd.I bekerja sama dengan waka kurikulum selalu memantau aktivitas guru yang sedang mengiris ARD. Tak jarang di antaranya guru yang menemukan kendala dalam pengisian raport di antaranya deskripsi yang tidak sinkron nilai yang tidak keluar, dan lain-lain. Namun hal itu selalu berusaha untuk dicarikan solusinya.

Nopriadi, S.Kom selaku operator madrasah menyampaikan dalam implementasinya masing-masing guru diberikan username dan pasword untuk login ke akun masing-masing. Kemudian guru tersebut melakukan penginputan nilai dengan cara mengunduh template yang ada sesuai nilai yang akan diinput. Setelah terisi, guru kemudian mengpload kembali ke aplikasi dan melakukan singkronisasi.

Pihak madrasah berharap para guru dapat menyelesaikan penginputan nilai ke ARD tepat waktu agar pembagian raport dapat dilaksanakan sesuai dengan waktunya. Kehadiran ARD harus dikuasi oleh guru sebagai wujud jawaban arus tantangan zaman. (El Anhar)

Bagikan :