Monitoring dan Evaluasi BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2019

Monitoring dan Evaluasi BOP RA dan BOS Madrasah Tahun 2019

Bengkulu Selatan (Inmas) – Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan melakukan monitoring dan evaluasi (Monev) Penggunaan Dana Bantuan Operasional Pendidikan (BOP) pada RA Se-Kab. Bengkulu Selatan dan monev Penggunaan Dana Bantuan Operasional Sekolah (BOS) tahun 2019 pada Madrasah Se-Kab. Bengkulu Selatan

Monev yang dilaksanakan melalui Kasi Pendidikan Madrasah Bapak H. Ahmad Syukri, S.Ag, M.Pd dilaksanakan selama tiga hari, dimulai pada hari kamis (28/11/2019) di RA Dharmawanita Unit Kemenag Kec. Pasar Manna untuk tingkat RA Se-Kab. Bengkulu Selatan, dilanjutkan pada hari senin (2/12/2019) di MIM Palak Siring Kec. Kedurang untuk Madrasah yang berada diwilayah Kec. Kedurang, Kec. Air Nipis dan Kec. Seginim, dan pada hari terakhir dilaksanakan pada hari selasa (3/12/2019) bertempat di Pondok Pesantren Makrifatul Ilmi untuk Madrasah Swasta yang berada diwilayah Kecamatan Pasar Manna, Kota Manna, Manna, dan Ulu Manna.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Bengkulu Selatan melalui Kasi Pendidikan Madrasah mengatakan, para personel monev dari beberapa tim yang didampingi oleh bagian keuangan, pengawas, kepegawaian, dan staf Pendidikan Madrasah, masing-masing mempersiapkan instrumen yang sesuai dengan Petunjuk Teknis (Juknis) penggunaan dana BOP/BOS di RA/Madrasah bersangkutan.

Bapak Ahmad Syukri menyampaikan monitoring dan evaluasi dana BOP/BOS ini merupakan bagian dari program rutinitas Kantor Kementerian Agama Kabupaten Bengkulu Selatan untuk memantau dan mengevaluasi penggunaan dana BOP/BOS di setiap RA/Madrasah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan, agar sesuai dengan regulasi dan petunjuk teknis (Juknis) yang ada. Tidak hanya melakukan monitoring, tim monev turut memberikan solusi dan pengarahan kepada seluruh RA/Madrasah.

"Alhamdulillah dalam pelaksanaan monev ini, RA/Madrasah Se-Kabupaten Bengkulu Selatan telah melakukan pengadministrasian dana BOP/BOS sesuai dengan petunjuk teknis yang berlaku, mulai dari perencanaan, realisasi hingga pelaporan," sebutnya.

Dalam monev yang dilaksanakan ini, Kasi Pendidikan Madrasah sekaligus melakukan pembinaan  kepada kepala, pendidik dan tenaga kependidikan RA/Madrasah, beliau menyampaikan kepada pendidik dan tenaga kependidikan untuk konsisten dengan tugasnya masing-masing, karena merupakan bagian integral dari program pengembangan RA/Madrasah, untuk mencapai RA/Madrasah yang Hebat Bermartabat. (Humas/Pend.Madrasah BS)

Bagikan :