Kepala KUA Kepahiang Sampaikan Tausiyah Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Kepala KUA Kepahiang Sampaikan Tausiyah Peringatan Maulid Nabi Muhammad

Kepahiang (Inmas)- Sebagai ASN Kemenag, Kepala Kantor Urusan Agama (Ka KUA) bukan hanya mengerjakan pencatatan NR dan sebagai penghulu pemimpin akad nikah. Tapi juga memberikan pembinaan agama umat atau masyrakat dan sebagai ulama yang memberi pencerahan kepada umat. Setidanya, inilah yang diperankan Muhammad ridwan ,M.Ag. Kepala KUA Kecmatan Kepahiang. Pada sabtu Malam Minggu tanggal 30 November 2019. Berperan sebagai Kepala KUA, Muhammad Ridwan didaulat sebagai penceramah atau mubaligh di Masjid Muamalah Kelurahan Tangsi Baru Kecamatan Kabawetan Kabupaten Kepahiang.

    Kehadiran Ridwan disambut dengan meriah oleh ratusan jamaah yang terdiri dari masyarakat dewasa, remaja, anak-anak dan beberapa mahasiswa yang melakukan kuliah kerja nyata KKN di kelurahan tersebut. Setelah selesai menunaikan ibadah solat isya berjamah, acara peringatan maulid Nabi Muhammad SAW dimulai dengan beberapa cara seperti pembacaan Al-quran dan kata-kata sambutan.

    Ketika giliran tampil sebagai mubaligh, Muhammad Ridwan menyampaikan tausiyahnya. Dia memulai tausiyah dengan mengupas sejarah kelahiran Nabi Muhammad sampai diangkat menjadi rasul.  Selanjutnya, beliau menguraikan beberapa ajaran rasulullah. “ajaran Rasulullah itu komplit dan lengkap. Mulai dari persoalan kecil seperti adab buang air sampai kepada persoal besar seperti Zina dan hukumannya, persoalan adopsi dan lain sebagainya” kata ridwan.

    Selama tausiyah, jamaah tampak senang dan bersemangat mendengarkannya. Sementara itu, di luar dugaan, untuk anak-anak ridwan memberikan beberapa pertanyaan. Bagi anak yang bisa menjawab dengar benar Ridwan memberikan sejumlah uang sebagai hadiah. Kita berikan hadiah adalah sebagai apresiasi atas pengetahuan anak-anak. Kita berharap mereka lebih bersemangat untuk hadir di masjid dan makin giat belajar agama Ungkapnya. (Neng)

Bagikan :