Pelaksanaan PAS semester Ganjil Berbasis Komputer dan Android 2019/2020 di MTsN 1 BS

Pelaksanaan PAS semester Ganjil Berbasis Komputer dan Android  2019/2020  di MTsN 1 BS

Bengkulu Selatan (Inmas)- Penilaian hasil belajar adalah sebuah keniscayaan yang harus dilaksanakan oleh setiap pengajar. Hal ini dimaksudkan agar apa yang telah diusahakan dan direncanakan oleh setian pendidik dan pengajar dapat diketahui. Kemajuan dan kemunduran  sebuah lembaga pendidikan ditentukan oleh penilaian atau evaluasi atau penilaian, sehingga dengan hasil penilaian tadi seorang guru dapat merencanakan langkah berikutnya demi kemajuan lembaga pendidikan.

Di era tahun 1970 an sampai tahun  2017, alat untuk mengukur sebuah keberhasilan kerja masih menggunakan alat manual berupa soal-soal yang di tertulis dalam  kertas, mulai dari satu halaman sampai sepuluh halaman/lembar kertas soal-soal ulangan. Dengan banyaknya menggunakan kertas soal tentu  saja memerlukan biaya yang besar, tak kurang dari 2 juta biaya yang harus dikeluarkan dalam setiap kali pelaksanaan penilaian.

Untuk mengatasi hal tersebut, para ahli teknologi pendidikan sudah menciptakan teknologi pendidikan dengan memunculkan aplikasi penilaian berbasis computer atau BK. Dengan kemunculan aplikasi ini system penilaian atau ulangan siswa lebih dipermudah dan lebih efisien, guru-guru pun demikian karena didalam aplikasi tersebut sudah dibuatkan kunci jawabannya yang bisa langsung menilai hasil pekerjaan siswa dan system soalnyapun diacak, sehingga ketika siswa duduk berdekatan pada waktu melaksanakan ulangan/ tes mereka tidak bisa saling mencontek.

Pelaksanaan Penilaian Ahir Semester berbasis computer/Hp Android(PAS BK )  dilaksanakan di MTsN 1 BS dilaksanakan di ruang LAB computer bagi yang menggunakan computer, dan di ruang IX A bagi yang menggunakan Hp Android. Pelaksanaan PAS BK ini dilaksanakan mulai senin tgl 2/12/2019 sampai dengan selasa tanggal 10/12/2019.

Sambutan yang disampaikan oleh Ketua  Panitia PAS BK Bapak Ahmad Zubair, M.Pd.  bahwa Pelaksanaan penilaian berbasis computer ini memerlukan pendanaan besar, untuk mengatasi kekuarangan Komputer ini maka kegiatan PAS BK ini menggunakan Hp Android . Penggunaan  aplikasi yang Handphone Android ini  dilakukan dengan baik. Alhasil para siswa dan sekolah lebih mudah dan lebih efisien melaksanakan penilaiannya dengan menggunakan Handpon Android/Hp . sejak tahun 2018 MTsN 1 Bengkulu dalam melaksanakan Penilaian hasil belajar selalu menggunakan Handphone Android. (nanangsuherli)

Bagikan :