Cegah Kekerasan Seksual pada Anak, MIS 04 Kepahiang Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Cegah Kekerasan Seksual pada Anak, MIS 04 Kepahiang Maksimalkan Penggunaan Teknologi

Kepahiang (Inmas), Sekolah Unggulan MIS 04 Kepahiang, Terus Berinovasi dalam meningkatkan Kwalitas Pelayanan terhadap masyarakat dalam bidang pendidikan. Sekolah yang berada di bawah naungan Yayasan Perwanida Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang ini, memberikan perhatian yang sangat serius terhadap kasus kekerasan seksual yang menimpa anak-anak. Dan berupaya dengan semaksimal mungkin melakukan tindakan pencegahannya.

Beberapa peneliti menyebutkan bahwa kasus kekerasan seksual (Pelecehan Seksual) yang menimpa Anak-anak umumnya disebabkan karena minimnya pengetahuan, serta jauhnya dari tuntunan agama yang berlandaskan al-quran dan sunnah, serta nilai-nilai budi pekerti luhur pancasila.

Kepala Sekolah MIS 04 Kepahiang menyampaikan Melalui perkembangan media teknologi dan informasi, MIS 04 Kepahiang terus meningkatkan sosialisasi tentang batasan-batasan syariat tentang hubungan lawan jenis, bagian tubuh yang termasuk aurat, serta bagian-bagian tubuh yang tidak boleh terlihat apalagi di sentuh oleh orang lain. Informasi tersebut disampaikan melalui video dan poster-poster kreatif yang di buat oleh tim IT MIS 04 Kepahiang kemudian dikirimkan melalui WA group dan Grup Facebook.

“Mungkin hampir 80?ri Wali Murid kita menggunakan media sosial, Facebook dan WA khususnya. Kita manfaatkan media tersebut untuk komunikasi yang intensif dengan wali murid, kita juga mensosialisasikan tentang tuntunan syariat seperti memisahkan anak laki-laki dan perempuan saat mereka tidur, tidak mandi di tempat yang terbuka, kewajiban menutup aurat/berhijab saat keluar rumah, dan yang paling penting membiasakan anak membuka diri dan mau menceritakan apa yang mereka alami disekolah atau tempat lainnya. Karena pelaku dalam banyak kasus adalah orang terdekat, bisa teman, guru, atau kerabat keluarga.” Jelas Ibu Sulistri yang merupakan Lulusan S1 BKPI dan Menjabat Guru BK MIS 04 Kepahiang. (ary)


Bagikan :