Gandeng UKS MIN 1 Kota Bengkulu, Puskesmas Sukamerindu Penjaringan Kesehatan

Gandeng UKS MIN 1 Kota Bengkulu, Puskesmas Sukamerindu Penjaringan Kesehatan

Kota Bengkulu (Inmas) - Pusat Kesehatan Masyarakat (Puskesmas) Sukamerindu menggandeng Usaha Kesehatan Sekolah (UKS) Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bengkulu dengan menggelar kegiatan penjaringan kesehatan. Petugas melakukan pemeriksaan kesehatan yang diikuti seluruh siswa kelas 1 (satu) yang dilaksanakan di ruang kelas 1A, Rabu (27/11/19).

Kepala MIN 1 Kota Bengkulu, Eva Susanti, M.Pd yang ikuti mendampingi tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu mengatakan, sebagai madrasah dibawah naungan wilayah kerja Pukesmas Sukamerindu, MIN 1 Kota Bengkulu menyambut baik kegiatan ini.

“Kami menyambut baik dan mendukung pelaksanaan kegiatan ini guna mengetahui sejak dini kondisi kesehatan siswa, dan memberikan penanganan segera jika terdapat masalah kesehatan pada siswa. Jika siswa sehat maka dapat belajar dengan nyaman”. Kata Eva Susanti.

Pembina UKS MIN 1 Kota Bengkulu, Rosmaniah, M.T.Pd mengatakan kegiatan ini merupakan kerja sama antara UKS MIN 1 Kota Bengkulu dan tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu yang diikuti seluruh siswa kelas 1 (satu) yang tersebar dalam 7 (Tujuh) lokal kelas

“Kegiatan penjaringan kesehatan ini merupakan bentuk kerja sama antara Pihak UKS MIN 1 Kota Bengkulu dan tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu kepada seluruh siswa kelas 1 (satu) yang tersebar dalam 7 (Tujuh) lokal yang dilaksanakan secara bergantian setiap kelasnya”. Kata Rosmaniah.

Sementara itu, tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu drg. Fitri Tiarsan menjelaskan Penjaringan kesehatan dilakukan pada peserta didik kelas 1, yang meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, serta pengukuran berat dan tinggi badan.

“Proses penjaringan kesehatan yang dilakukan hari ini meliputi pemeriksaan kebersihan perorangan (rambut, kulit dan kuku), pemeriksaan ketajaman indera (penglihatan dan pendengaran), pemeriksaan kesehatan gigi dan mulut, serta pengukuran berat dan tinggi badan”. Jelas drg. Fitri Tirasan.

drg. Fitri Tirasan menuturkan penjaringan kesehatan merupakan salah satu bentuk dari pelayanan kesehatan yang bertujuan untuk mendeteksi sejak dini siswa yang memiliki masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin. 

“Dengan dilaksanakannya kegiatan penjaringan kesehatan atau pemeriksaan kesehatan ini, kita dapat mengetahui kondisi kesehatan siswa serta sejak dini dapat  mendeteksi masalah kesehatan agar segera mendapatkan penanganan sedini mungkin”. Demikian drg. Fitri Tiarsan. (Randi).

Bagikan :