BIAS, Siswa MIN 1 Kota Bengkulu Diimunisasi Dt dan Td

BIAS, Siswa MIN 1 Kota Bengkulu Diimunisasi Dt dan Td

Kota Bengkulu (Inmas) - Pelaksanaan Bulan Imunisasi Anak Sekolah (BIAS), Siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 1 Kota Bengkulu mendapatkan imunisasi Dipteri Tetanus (Dt) dan Tetanus Diphiteria (Td), Rabu (27/11/19). Kegiatan yang dilaksanakan di masing-masing kelas ini menjalin kerja sama dengan tim kesehatan dari Pusat kesehatan masyarakat (Pukesmas) Sukamerindu.

Tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu Sri Kartika Rahayu, Amd.Keb mengatakan, pelaksanaan pemberian imnunisasi Dt dan Td  kepada siswa MIN 1 Kota Bengkulu bertujuan untuk memberikan kekebalan (Imunitas) kepada siswa dari penyakit seperti infeksi difteri, tetanus dan batuk rejan (pertusis).

“Tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu melaksanakan penyuntikan imunisasi Dt pada siswa kelas 1 (satu) dan imunisasi Td pada siswa kelas 2 (dua) dan 5 (lima). Penyutikan dilakukan pada lengan tangan sebelah kiri,” Kata Sri Kartika Rahayu.

Sebelum melakukan penyuntikan tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu terlebih dahulu menjelaskan kepada siswa manfaat imunisasi Td dan Dt, serta memberikan motivasi agar siswa berani untuk disuntik. “Imunisasi Dt dan Td sangat diperlukan anak guna memberikan kekebalan tubuh. Jadi, anak-anak tidak perlu takut disuntik rasanya tidak sakit hanya seperti digigit semut saja,” Jelas Sri Kartika Rahayu.

Pembina UKS MIN 1 Kota Bengkulu, Rosmaniah, M.T.Pd mengatakan sebelum pelaksanaan penyuntikan imunisasi Dt dan Td, pihak Madrasah melalui UKS MIN 1 Kota Bengkulu telah memberikan informasi kepada orang tua siswa kelas 1, 2 dan 5 berkenaan akan diadakannya penyuntikan imunisasi oleh Pukesmas Sukamerindu.

“Jauh hari sebelunya, Pihak Madrasah telah mensosialisasikan kegiatan ini kepada siswa dan orang tua siswa tentang akan dilaksanakannya penyuntikan imunisasi Dt dan Td. Selain itu, pihak madrasah juga mengharuskan seluruh siswa untuk makan/sarapan terlebih dahulu sebelum disuntik agar tubuhnya kuat dan tidak terjadi hal yang tidak diinginkan ketika disuntik”. ujar Rosmaniah.

Pada proses penyutikan berbagai cara unik yang dilakukan pihak madrasah dan tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu agar siswa berani dan mau untuk disuntik seperti berfoto selfi sambil tersenyum ketika disuntik atau bercerita kepada siswa agar siswa tidak takut ketika disuntik. Akan tetapi, ada juga siswa yang tidak berani disuntik serta orang tua siswa yang tidak menginzinkan anaknya untuk disuntik imunisasi.

Sementara itu, Kepala MIN 1 Kota Bengkulu, Eva Susanti, M.Pd yang ikut langsung mendampingi siswa pada saat disuntik mengatakan pemberian imunisasi Dt dan Td ini sangat penting bagi siswa karena dapat memberikan kekebalan dan menghindarkan dari berbagai penyakit. Dirinya juga menyayangkan ada siswa yang tidak berani disuntik dan orang tua yang tidak mengizinkan anaknya diimunisasi padahal kegiatan ini sudah disosialisasikan jauh hari sebelumnya.

 “Semoga kegiatan BIAS yang dilakukan tim kesehatan Pukesmas Sukamerindu di MIN 1 Kota Bengkulu dapat berjalan dengan baik dan lancar guna memberikan imunitas kepada siswa, serta berharap kepada orang tua siswa yang anaknya belum mendapat penyuntikan Imunisasi Dt dan Td untuk melapor kepada pihak UKS atau Pukesmas. Sehingga nantinya anak Indonesia khususnya siswa MIN 1 Kota Bengkulu dapat terlindungi dan terhindar dari berbagai penyakit dan menjalankan aktivitas belajar dengan baik,”  Demikian Eva Susanti. (Randi)

 

Bagikan :