MTsN 5 MM Selenggarakan Ujian Semester Berbasis Android

MTsN 5 MM Selenggarakan Ujian Semester Berbasis Android

Mukomuko (28/11/2019)-Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 5 Mukomuko melakukan terobosan inovasi penyelenggaraan ujian semester berbasis android. Terobosan inovasi tersebut sekarang ini telah diterapkan dalam penyelenggaraan Ujian Semester Tahun Pelajaran 2018/2019 dan 2019/2020 untuk seluruh siswa kelas VII sampai dengan kelas IX.

Kepala MTsN 5 Mukomuko, Syafrizal, S.Ag mengungkapkan, “Pelaksanaan Ujian Semester menggunakan smart phone/Android perlu diadakan Uji coba terutama kelas VII agar pelaksanaannya tidak ada kendala. Dalam dua hari ini tanggal 27-28 November 2019, pelaksanaan uji coba Ujian Semester berbasis android ini secara umum sukses," ungkapnya, Kamis (28/11) pagi.

Menurut Kepala MTsN 5 Mukomuko, langkah pihak sekolah melakukan inovasi Ujian Semester berbasis android tersebut, agar pelaksanaan ujian semakin mudah, modern dan efisiensi biaya dan diharapkan para siswa maupun guru MTsN 5 Mukomuko kedepan juga semakin melek teknologi.

"Ini upaya kami menjawab tantangan kemajuan zaman Karena teknologi saat ini begitu pesat, tidak bisa dibendung" ujarnya.

Kelebihan lain, dengan UAS berbasis android, potensi kecurangan karena siswa saling contek bisa ditekan karena server bisa mengacak nomor-nomor pada soal ujian, sehingga peluang siswa untuk saling tukar jawaban bisa diminimalisasi.

"Dengan ini tentu akan membuat siswa harus bisa mengerjakan mandiri dan benar-benar berusaha sendiri," jelasnya.

Kepala MTsN 5 Mukomuko menambahkan, terobosan yang dilakukan sekolahnya dinilai merupakan pertama kali di Temanggung. Melalui terobosan itu, pihaknya ingin sekolahnya semakin terdepan dalam teknologi, serta meningkatkan mutu para peserta didiknya serta sumber daya manusia (SDM) pendidik maupun karyawan.

"Semoga dengan terobosan ini, para siswa bisa semakin mudah dalam pelaksanaan ujian semester, guru juga tak perlu kesulitan memeriksa satu demi satu hasil ujian siswa, serta tentunya dapat mengefisiensikan biaya untuk ujian. Saat ini hampir semua siswa mempunyai smart phone, jadi akan semakin mudah. Untuk yang tidak mempunyai, kami fasilitasi di laboratorium komputer" tutupnya. (M. Ali Muhtar)

Bagikan :