Ka.KUA Ujan Mas Narasumber Penyelenggaraan Jenazah

Ka.KUA Ujan Mas Narasumber Penyelenggaraan Jenazah

Kepahiang (Inmas)- Kepala KUA Kecamatan Kepahiang Muhammad Ridwan ,M.Ag,  didaulat sebagai narasumber Sosialisasi Oleh Kelurahan Pasar Ujung dalam rangka sosialisasi penyelenggaraan jenazah di Hotel Umroh(19/11)

    Pada kesempatan tersebut Muhammad Ridwan mengatakan,  kemampuan  tentang fardu kifayah atau penyelenggaraan jenazah mesti dikuasai oleh setiap pribadi Muslim. Meskipun pelaksanaannya merupakan kewajiban yang dikerjakan oleh satu orang maka lepas kewajiban semua orang. Karena dalam agama Islam kelurga terdekat seperti suami, istri dan anak lebih utama ketimbang orang lain untuk melaksanakan penyelenggaraan jenazah.

    Sosialisasi yang digelar oleh pemerintah kelurahan Pasar Ujung tersebut diikutioleh para tokoh agama, tokoh masyarakat, tokoh perempuan dan jajaran pemerintahan kelurahan. Sebelumnya acara tersebut dibuka secara resmi oleh bupati Kepahiang DR. Ir. Hidayatullah Syahid, MM. Sampai selesai acara, peserta sangat antusias mengikuti kegiatan dengan bertanya dan melakukan praktek.

    Selain memberikan materi, sebagai narasumber Ridwan yang menjabat sebagai Kepala KUA tersebut juga melakukan praktek penyelenggaraan jenazah kepada peserta. Mulai dari memperlakukan jenazah sebeum memandikan, mengafani dan menyolatkan.

    Kepada peserta, Ridwan berpesan, agar ada kelompok masyarakat menggelar pelatihan ini di setiap RT dan RW, kelompok pengajian dan berbagai kelompok lain. Intinya, jika belajar penyelenggaraan jenazah mesti mencoba untuk mempraktikan secara langsung. Tambahnya (Nengsih)

Bagikan :