Tngkatkan Profesional Guru KKMI adakan Worshop di MIN 2 Bengkulu Selatan

Tngkatkan Profesional Guru KKMI adakan Worshop di MIN 2 Bengkulu Selatan

Bengkulu Selatan (Inmas) - Dalam rangka meningkatkan Profesional Guru MI di Kabupaten Bengkulu Selatan, Kelompok Kerja Madrasah Ibtidaiyah  (KKMI) lingkungan kerja Kantor Kementerian Agama Bengkulu Selatan mengadakan pembukaan Workshop dengan tema " Peningkatan Profesional Guru Melalui kegiatan  Publikasi Ilmiah dan Model Pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah Se Kabupaten Bengkulu Selatan di aula MIN 2 Bengkulu Selatan Kamis (21/11) pukul 09.00 WIB. Kegiatan yang dihadiri oleh Kepala kantor Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan, Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan, Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan, narasumber, kepala MIN Se-Bengkulu Selatan dan seluruh peserta worshop,  akan berlangsung selama tiga hari dari tanggal 21 s.d 23 November 2019.

Di hari pertama workshop, Narasumber pertama diisi oleh Bapak H.Arsan S Ibrahim.MHI selaku Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Bengkulu Selatan. Dalam paparannya beliau menyampaikan “Kebijakan  Kementerian Agama”. Di season kedua diisi oleh Ibu Hj. Zannatun Na’imah, M.Pd.I selaku Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan memaparkan tentang “Pengembangan Kurikulum Madrasah Ibtidaiyah (MI)”.

Di hari kedua workshop Jum’at (22/11), Narasumber pertama diisi oleh bapak H.Ahmad Syukri, S.Ag, M.Pd.I selaku Kasi Penmad Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan Dalam paparannya beliau menyampaikan “Disiplin Kerja”. Di season kedua diisi oleh Junivi Sahputri, M.TPd selaku guru MIN 2 Bengkulu Selatan memaparkan tentang “Model Pembelajaran Quantum Teachining Learning (QTL)”.

Di hari ketiga workshop Sabtu (23/11), Narasumber pertama diisi oleh bapak DR.H.Arief Rahman, M.Pd.I selaku ASN MAN 1 Bengkulu Selatan. Dalam paparannya beliau menyampaikan “Publikasi Ilmiah”. Di season kedua diisi oleh Bapak Arman, S.Pd selaku Pengawas Madrasah Ibtidaiyah Kemenag Kabupaten Bengkulu Selatan memaparkan tentang “Penilaian Kinerja Guru (PKG)”. dan di season ketiga diisi oleh Ibu Wardati, S.Pd selaku guru MIN 2 Bengkulu Selatan memaparkan tentang “Tinjauan Ilmiah (Best Practce)”. Peserta workshop sangan antusius mengikuti kegiatan workshop dan mendengarkan materi-materi dari narasumber.

Ketua panitia workshop, Toni Pergo, S.Pd dalam laporannya menyampaikan rasa terima kasih kepada Kakankemenag, Kasi Penmad dan Pengawas Madradah dan narasumber yang menyempatkan diri hadir dalam kegiatan ini. Dalam kesempatan itu, beliau menjelaskan peserta yang mengikuti workshop tersebut sebanyak 40 orang guru utusan dari madrasah Ibtidaiyah yang ada di Kabupaten Bengkulu Selatan. Kegiatan ini atas swadaya guru yang tergabung dalam KKMI, tanpa adanya sumber dana dari DIPA Kemenag atau sumber lainnya. Tujuan dari workshop ini adalah dapat meningkatkan profesional guru kemudian dapat berbagi ilmu dan pengalamannya kembali dengan teman teman di MI satuan kerja masing-masing.

Workshop yang bertema " Peningkatan Profesional Guru Melalui kegiatan  Publikasi Ilmiah dan Model Pembelajaran inovatif dalam meningkatkan kompetensi guru Madrasah Ibtidaiyah se Kabupaten Bengkulu Selatan ", langsung dibuka oleh Kepala Kantor Kementerian Agama kabupaten Bengkulu Selatan Bapak H.Arsan S Ibrahim.MHI

Kepala kantor kemenag Bengkulu Selatan dalam arahan dan bimbingan sekaligus pembukaan workshop mengapresiasi atas kegiatan KKMI ini. Kegiatan swadaya ini adalah keinginan yang luar biasa dari kepala MI dan guru-guru MI untuk bisa terlaksananya kegiatan ini yaitu meningkatkan professional guru. Kepala dan guru harus saling mengingati dan bekerjasama dalam mewujudkan madrasah hebat madrasah bermartabat. Ketika kepala lupa tugas guru mengingatkan. Sehebat apapun kepala madrasah tanpa dukungan guru dan semua pihak tidak akan jadi apa-apa. Sebaliknya sekurang apapun madrasah tetapi semua mendukung untuk berbenah ke arah yang lebih baik, tentu ini akan berdampak. Kalau guru tidak kompeten maka guru madrasah yang hebat tidak akan terwujud. Guru madrasah yang hebat diawali guru yang kompeten. Oleh sebab itu, melalui kegiatan workshop ini mari kepala dan guru saling bahu membahu meningkatkan professional guru dan madrasah demi mewujudkan madrasah yang hebat dan berakhlakul karimah.

Dalam kesempatan ini Kepala MIN 2 Bengkulu Selatan Ibu Hj. Zannatun Na’imah, M.Pd.I menyampaikan terima kasih yang tak terhingga kepada Kepala Kemenag Bengkulu Selatan yang telah sempat hadir membuka acara workshop ini, juga ucapan terima kasih kepada Bapak/Ibu narasumber yang telah memberikan ilmu bagi guru-guru yang tergabung dalam KKMI ini. Dengan harapan menambah wawasan dan kualitas demi terwujudnya madrasah yang hebat bermartabat. (Humas MIN 2 BS)

 

Bagikan :