Cegah Radikalisme, Penyuluh Diterjunkan

Cegah Radikalisme,  Penyuluh Diterjunkan

Bengkulu Selatan (Inmas)– Upaya detiksi dini atas merebaknya aliran dan paham radikalisme terus diupayakan, tujuannya agar paham yang berlebihan serta menilai satu kelompok yang salah itu tidak berkembang di Pino Raya. Rabu (20/11), kemarin Kepala KUA Pino Raya Drs.H.Winraini.M.HI menurunkan tim Penyuluh Agama Islam Non PNS untuk memulai identifikasi pemetaan wilayah. Identifikasi pertama dilakukan di perbatasan kabupaten BS dan Seluma tepatnya di Desa Selali. Meliputi undur luas wilayah, jumlah masjid berikut pengurus, organisasi dan kondisi keberagamaan. “Ya betul sudah kita turunkan penyuluh ke lapangan, guna memulai identifikasi dini,” tegas Winraini.

Diakui Winraini, identifikasi ini akan dilakukan menyeluruh ke 21 desa dalam wilayah Kecamatan Pino Raya, bertahap , sebagian akan dilakukan bersama mengingat jarak tempuh dan medan yang cukup jauh. Hasilnya, pedoman program kerja tahun 2020 mendatang, khususnya bagi tenaga penyuluh nanti di lapangan. “Setelah direkap, akan kelihatan nanti, mana yang perlu dan mesti ditempatkan penyuluh sesuai bidang atau spealisasinya,” ujar Winraini.

Sementara itu PAI Non PNS senior Pino Raya Ustd. Ikram mengaku, kurun waktu tiga tahun terakhir, upaya detiksi radikalisme itu terus dilakukan dengan pendekatan kepada tokoh agama dan masyarakat, masyarakat sadar dan patuh akan aturan serta ketentuan baik undang-undang maupun peraturan kementerian agama. (salim/humas)

Bagikan :