MIN 4 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

MIN 4 Peringati Maulid Nabi Muhammad SAW

Bengkulu Tengah (Inmas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri 4 Bengkulu Tengah peringati hari kelahiran Nabi Muhammad SAW yang dilaksanakan di masjid Baitul Makmur Desa Sidodadi  , Kamis (14/11).
    
Maulid Nabi tahun ini diadakan di kelas jauh MIN 4 yang ada di Desa Sidodadi Bengkulu Tengah. Seluruh guru dan siswa- siswi di kelas induk diboyong ke Sidodadi ikut serta memeriahkan acara ini. Dan beberapa orangtua siswa, perangkat desa beserta pengurus masjid menjadi tamu dalam acara tersebut.

Acara dibuka dengan penampilan grup rebana siswa-siswi MIN 4 dengan lagu yang mendayu-dayu. Selain itu, ada juga tampilan dari siswa-siswi kelas jauh berupa sholawatan dan tampilan-tampilan lainnya. Memasuki acara inti, terlihat anak-anak mulai menyiapkan buku dan alat tulis untuk mencatat hal-hal yang dirasa penting seputar peringatan maulid Nabi Muhammad SAW.

Ust. Muhammad Husnan dalam ceramahnya menyampaikan banyak sekali kisah-kisah yang terjadi sebelum kelahiran maupun setelah kelahiran Nabi Muhammad SAW. Beliau juga menjelaskan asal muasal diperingatinya hari kelahiran nabi. Adalah Raja Mudhofar seorang raja Irbil ( sekarang Irak) yang pertama kali mengadakan acara maulidan karena menurut banyak ulama yang dimintai pendapat sepakat mengatakan bahwa siapa-siapa yang memperingati hari lahir nabi maka dia telah turut serta mensiarkan agama islam.

Makna dari peringatan maulid nabi yang bisa kita petik adalah bahwa nabi Muhammad SAW itu adalah rahmatan lil alamiin. “ Mari kita perbanyak sodaqoh dan lebih rajin baca solawat semoga kita mendapatkan syafaat beliau di yaumil akhir nanti. Aamiin aamiin aamiin ya robbal alamiin”, tutup ustad Husnan.

Plh kepala MIN 4 Senang Purwani, S.Pd  dalam sambutannya mengatakan bahwa pelaksanaan maulid tahun ini sengaja di kelas jauh dengan tujuan supaya anak-anak bisa membaur dan saling berkenalan satu sama lain. Selain itu, kegiatan ini juga menjadi ajang silaturrahim antara dewan guru dengan orangtua siswa kelas jauh sehingga ada sinergi dan saling dukung demi majunya MIN 4 Bengkulu tengah. (Tina)

Bagikan :