Kendali Sholat Kuatkan Karakter Religius Generasi Islam MAN 1 Kepahiang

Kendali Sholat Kuatkan Karakter Religius Generasi Islam MAN 1 Kepahiang

Kepahiang (Inmas)- Di kelas XI IPS 2 MAN 1 Kepahiang mulai tanggal 1 November 2019 melakukan rutinitas baru mengisi papan kendali shalat lima waktu yang bertujuan untuk memantau aktivitas shalat lima waktu siswa. Pagi hari setiba di kelas siswa langsung mengisi papan kendali pada sholat isya dan magrib. Usai shalat dhuha di mushollah, siswa kelas XI IPS MAN 1 Kepahiang kembali mengisi papan kendali kolom shalat dhuha hingga selesai waktu shalat dzuhur dan Ashar.

    Program kendali shalat yang telah dipajang di depan kelas diharapkan menjadi motivasi siswa untuk menjalankan kewajiban shalat lima waktu dan menjadi instrument bagi wali kelas untuk memantau shalat lima waktu siswa kelas XI IPS 2 MAN 1 Kepahiang.

    Papan kendali shalat diimplementasikan sebagai wujud penyelesaian masalah pengukuran penilaian sikap spiritual siswa kelas XI IPS 2 (KI-1) pada kurikulum 2013 yang di awal tahun ajaran 2019-2020 masih berkendala pada masih rendahnya tingkat kesadaran siswa akan kewajiban shalat lima waktu.

    Beberapa siswa mengaku sering diejek sok alim bila rajin shalat. Diharapkan juga dengan adanya program kendali shalat, orang tua dapat ikut berperan mengawasi shalat siswa di rumah. Shalat sebagai bentuk syiar Islam di rumah dengan siswa sebagai media dakwah.

    Selain papan kendali shalat, bagi santri putri yang sedang berhalangan shalat, diarahkan untuk menambah wawasan keislaman dalam forum diskusi Muslimah. Guru juga mengingatkan siswa akan waktu shalat ataupun hal yang berkaitan melalui berbagai media yang memanfaatkan teknologi handphone untuk berkomunikasi dengan orang tua dan siswa. Diharapkan dengan program shalat dapat menguatkan karakter religius siswa MAN 1 Kepahiang –Liza sudarti,S.Pd.Si

Bagikan :