MTsN 1 Kepahiang Adakan Kegiatan Jum’at Keputrian

MTsN 1 Kepahiang Adakan Kegiatan Jum’at Keputrian

Kepahiang (Inmas)- Dalam rangka meningkatkan pengetahuan baik pengetahuan umum, kesehatan, maupun agama khusus untuk siswa putri, MTsN 01 Kepahiang rutin mengadakan kegiatan Jum’at Keputrian.

    Kegiatan yang dilakukan bertepatan dengan pelaksanaan sholat Jum’at, dilaksanakan dengan program atau pemberian materi yang berbeda-beda setiap Jum’at nya. Pada Jum’at 8 November 2019 kemarin, siswa putri MTsN 01 Kepahiang mendapat pembekalan materi tentang pergaulan bebas.

    Kegiatan yang dipandu oleh dua orang guru BK Irma Susanti, S.Pd.I dan Selly Mayang Sari, S.Pd.I mengumpas tuntas mengenai pergaulan bebas. Mulai dari pengertian, ciri-ciri pergaulan bebas, penyebab pergaulan bebas pada remaja dan dampaknya,serta solusi yang terhadap masalah tersebut.

    Dalam pemamparannya, ibu Selly Mayang Sari, S.Pd.I mengatakan bahwa penyebab utama pergaulan bebas yakni kegagalan remaja menyerap norma-norma agama dan Pancasila, sikap mental yang tidak sehat, pelampias rasa kecewa terhadap keluarga yang tidak harmonis atau broken home.

    Dan pada dasarnya pergaulan bebas ini sangat berpengaruh terhadap proses pembentukan pribadi remaja.  Beliau menambahkan kecanggihan teknologi dan lingkungan yang kurang baik apabila tidak disikapi dengan bijak dapat pula menjadi faktor munculnya pergaulan bebas.

    “Menajadi pribadi yang taat, jujur pada diri sendiri, memiliki kegiatan yang positif, perbanyak membaca, menjalin komunikasi yang baik dengan orang tua dan guru dapat menjadi solusi untuk menghindari pergaulan bebas, jangan sungkan untuk bercerita kepada orang yang dapat dipercaya apabila kalian memiliki masalah yang membutuhkan jalan keluar dan nasehat, kami sebagai guru BK membuka tangan dengan lebar untuk kalian berbagi keluh kesah” ungkap Ibu Irma Susanti, S.Pd.I menutup kegiatan. (Armizah, M.Pd)

Bagikan :