Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, PAI Pondok Kelapa Tour Religi

Tingkatkan Wawasan Kebangsaan, PAI Pondok Kelapa Tour Religi

Bengkulu (Inmas) - Sebagai upaya untuk meningkatkan semangat Nasionalisme dan semangat kebangsaan maka Penyuluh Agama Islam (PAI) non PNS Kiyai Nursalim pada Rabu (6/11) mengadakan tour religi.

Tour religi dilaksanakan ke beberapa pondok pesantren di pulau Jawa seperti Ponpes Sidogiri, Ponpes Tebu Ireng, makam KH. Abdurrahman Wahid di Jombang Jawa Timur dan sebagainya.

Menurut Nursalim tour religi dilaksanakan untuk meningkatkan wawasan kebangsaan dan wujud kecintaan terhadap Negara Kesatuan Republik Indonesia.

Menurutnya NKRI tidak akan berdiri tanpa adanya kontribusi para kiyai dan santri yang senantiasa memberikan pemahaman dan semangat keagamaan bahwa cinta tanah air adalah sebagian dari iman.

Hal ini membuktikan bahwa umat Islam dengan pondok pesantren memiliki andil besar dalam menyongsong kemerdekaan Republik Indonesia dan mengisi kemerdekaan.

"Alhamdulillah saya bisa mengunjungi beberapa Ponpes dan makam tokoh fluralisme bangsa, banyak ibrah dan mauizhah yang dapat dipetik dari mengunjungi berbagai pondok dan situs religi." Tutup Nursalim.

Sementara terpisah kepala KUA Pondok Kelapa Mintarno, MHI. Menyambut baik tour religi yang dilakukan oleh salah satu PAI non PNS dan berharap ilmu dan pengalaman yang di peroleh saat tour religi dapat ditularkan terhadap anggota PAI yang lain serta memberikan motifasi kepada masyarakat kecamatan Pondok Kelapa. (Amin)

Bagikan :