Kemenag Kaur Gelar Ujian TPQ di 15 Kecamatan

Kemenag Kaur Gelar Ujian TPQ di 15 Kecamatan

 

Kaur (Inmas) - Menjelang pelaksanaan wisuda santri, Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kaur melalui Seksi Pendidikan Agama dan Keagamaan (Pakis) melaksanakan ujian munaqasah bagi santri Taman Pendidikan Qur`an (TPQ) di 15 Kecamatan se Kabupaten Kaur.

Hal itu sebagaimana disampaikan Kasi Pakis Mugiyem, MPd kepada Kontributor Kemenag, Selasa, (11/05/2019).

Kasi Pakis Mugiyem mengatakan, ujian munaqasah merupakan ujian praktek bagi santriwan dan santriwati TPQ yang  akan mengikuti wisuda santri pada bulan November mendatang.

Pelaksaan ujian TPQ diawali di Kecamatan Tetap pada Jum`at (25/10/20190 dan di Kecamatan Maje pada Sabtu, (26/10/20190.

“bagi santri yang akan mengikuti wisuda, syaratnya lulus ujian munaqasah” ungkapnya.

Mugiyem menuturkan, kegiatan  tersebut dilakukan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan santri dalam membaca Al-Quran.  Sehingga santri yang  akan mengikuti wisuda khatam Quran adalah mereka yang telah lulus seleksi dari tim penguji.

“Tentunya hal ini perlu dilakukan untuk mengetahui sejauhmana kemampuan santri dalam membaca Alquran, serta praktek ibadah yang lainnya” jelasnya.

Mugiyem menambahkan, ujian praktek ibadah akan dilaksanakan bekerjasama antara Kemenag Kaur bersama Kelompok Kerja Penyuluh (Pokjaluh) sebagai tim penguji. Dengan materi yang akan diujikan yakni, praktek wudhu, praktek sholat, tes baca alquran dan hafalan doa dan hafalan surat-surat pendek.

Bagikan :