Upacara Hari santri Pondok Pesantren Se-Kabupaten Kepahiang

Upacara Hari santri  Pondok Pesantren Se-Kabupaten Kepahiang

Kepahiang (Inmas)- Keluarga Besar Jajaran Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang Melaksanakan upacara memperingati hari santri Nasional tahun 2019 yang dipusatkan di Ponpes Modern Darussalam.(22/10)

    Ribuan santri mengikuti kegiatan ini penuh khidmat. kegiatan ini diikuti oleh Seluruh Kasi, Kepala Sekolah, Kepala KUA, ASN Kantor Kementerian Agama Kab. Kepahiang, ketua yayasan, dewan pimpinan pondok, dan turut hadir pula Wakil DPRD Kab. Kepahiang,Polres,  Dandim, Kejaksaan, BPN, Pengadian Agama Unsur OPD dan Ormas Islam. Upacara terlihat ada yang yang lain karena peserta upacara yang laki – laki termasuk santri, guru dan para undangan memakai kain sarung.

    Kegiatan upacara dimulai dengan penyambutan Kepala Kantor Kementerian Agama Kab. Kepahiang  dengan tarian oleh para Santri Pondok Pesantren Darussalam. Seperti pada upacara umum, peringatan Hari Santri Nasional juga dilaksanakan pengibaran bendera serta menyanyikan lagu Indonesia Raya,  lagu ini dinyayikan penuh semangat oleh para santri dan pembacaan Doa oleh oleh Almukarram KH. Daroini yang merupaka Pengasuh Ponpes Pancasila Bengkulu.

    Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Kepahiang Drs. H. Mulya Hudori M.Pd, dalam hal ini beliau menyampaikan Tahun ini merupakan tahun keempat seluruh rakyat Indonesia memperingati Hari Santri.‘’ Kepada para santri Keputusan Presiden Republik Indonesia Nomor 22 Tahun 2015 tentang Hari Santri tanggal 22 Oktober dan adanya UU Pesantren merupakan bukti pengakuan negara atas jasa-jasa para ulama dan santri dalam perjuangan merebut, mengawal, mempertahankan, mengisi kemerdekaan, dan juga sebagai bukti bahwasanya santri sudah sejajar dan memiliki kesamaan hak dengan lembaga pendidikan Lainya. Oleh sebab itu kita patut bersyukur dan mari para santri bangkit bersama memperkuat komitmen bersatu untuk NKRI, jangan terpengaruh dan terpropokator oleh informasi yang akan merusak generasi, para santri harus mampu menjadi benteng dalam menjaga NKRI ujar mulia.

    Usai pelaksanaan upacara, puncak Hari Santri diisi dengan kegiatan Berbagai Penampilan Kesenian dari santri pondok pesantren Darussalam Kabupaten Kepahiang, diantaanya penampilan seni music, Seni Teater, Marching Band,  tari massal santri, Seni Tari, Paduan suara dl.l diakhir acara  dilaksanakan Pemotongan Pita tanda di bukanya Perkemahan santri pondok Pesantren Darussalam .Rha

Bagikan :