Peringatan 30 September MTsN 6 MM Ajak Jangan Lupakan Sejarah

Peringatan 30 September MTsN 6 MM Ajak Jangan Lupakan Sejarah

Mukomuko (Inmas), Tanggal 30 September merupakan hari bersejarah bagi bangsa Indonesia, pada tahun 2019 ini bertepatan dengan hari Senin, Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko melakukan upacara rutin mingguan juga sekaligus melakukan pengibarang bendera setengah tiang. Hal ini dilakukan agar para siswa, guru dan pegawai tata usaha tidak lupa dengan sejarah yang pernah terjadi.

            “Sekelam apapun sejarah itu bukan untuk dilupakan, tapi harus selalu dikenang, jika baik maka bisa kita jadikan contoh dan penyemangat, jika sejarah itu jelek, maka bagaimana caranya agar peristiwa itu tidak terulang kembali,” demikian disampaikan pembina upacara, Nurhayati, S.Pd, saat upacara rutin hari senin, (30/09) sekaligus memperingati Peristiwa G30S/PKI.

            Dalam peristiwa tersebut, Nurhayati menjelaskan terdapat enam jenderal serta satu perwira pertama TNI AD yang menjadi korban. Letnan Jenderal Anumerta Ahmad Yani, Mayor Jenderal Raden Soeprapto, Mayor Jenderal Mas Tirtodarmo Haryono, Mayor Jenderal Siswondo Parman, Brigadir Jenderal Donald Isaac Panjaitan, Brigadir Jenderal Sutoyo Siswodiharjo, dan Lettu Pierre Andreas Tendean.

            Lebih lanjut Nurhayati menjelaskan bahwa gerakan tersebut dalam rangka menggantikan ideologi Pancasila menjadi Indeologi Komunis. Namun gerakan itu berhasil digagalkan, sehingga ideologi Pancasila terselamatkan.

            Selain melakukan upacara, untuk mengenag peristiwa tersebut, MTsN 6 Mukomuko juga mengadakan nonton bareng film G30S/PKI. Seluruh siswa didampingi oleh dewan guru menyaksikan film berdurasi kurang lebih tiga jam. (Mustopa)

           

Bagikan :