MTs N 2 Benteng Lakukan Sholat Istisqa

MTs N 2 Benteng Lakukan Sholat Istisqa

Benteng  (Inmas)- Saat ini beberapa daerah kita tengah mengalami musim kemarau panjang, banyak daerah yang kekeringan bahkan terjadi kebakaran hutan. Sering kita lihat, banyak daerah mengadakan shalat meminta hujan atau shalat Istisqa. Shalat istisqa adalah shalat sunah yang dilakukan untuk meminta diturunkannya hujan. Shalat ini dilakukan bila terjadi kemarau panjang atau karena dibutuhkan hujan untuk keperluan/hajat tertentu.

Ada beberapa upaya untuk mengatasi kekurangan air, seperti dengan menggali atau mengebor tanah lebih dalam lagi hingga ratusan meter, menyediakan tangka air keliling hingga mengadakan hujan buatan. Namun sesungguhnya ada satu lagi upaya yang tidak hanya mengandalkan kekuatan tenaga dan pikiran semata, yaitu upaya ibadah, memohon kepada Allah SWT sang maha penguasa yang maha segalanya, yang menciptakan musim kemarau dan yang mengirim hujan.

Hari ini MTs N 2 Bengkulu Tengah juga ikut melakukan shalat Istisqa, dan yang menjadi imam shalat istisqanya adalah Sugianto, S. Pd.I. Shalat ini diikuti oleh seluruh siswa-siswi madrasah dan seluruh dewan guru. Adapun tempat shalatnya dilakukan di lapangan MTs N Kabupaten 2 Bengkulu Tengah sendiri.

“Disadari atau tidak, musim kemarau panjang dan kekeringan yang sedang menimpa kita ini, sesungguhnya sebagai akibat dari perbuatan kita sendiri, untuk itu marilah kita semua memohon ampun kepada Allah SWT, semoga Allah SWT mengampuni dosa-dosa kita dan berkenan menurunkan hujan yang membawa manfaat dan barakah untuk manusia. Amiin yaa Robbal Alamin” ungkap Sugianto. (wd)

Bagikan :