Jaga Kesehatan Siswa/i MTs N 2 Lebong Periksa Golongan Darah

Lebong (Inmas). Untuk menjaga kesehatan Madrasah Tsanawiah Negri 2 lebong bekerja sama dengan Puskesmas Kota Donok seluruh siswa/i Madrasah Tsanawiah Negri 2 Lebong diperiksa golongan darah, hal tersebut di katakan Kepala MTs N 2 Lebong Defi Sulastri saat pemeriksaan berlangsung di ruang TU MTs N 2 Lebong pada Jumat(06/09)

Dikatakan Defi Sulastri pengecekan golongan darah dilakukan terhadap siswa/i MTs N 2 Lebong dikarenakan semua siswa/I MTs N 2 Lebong belemum mengetahui golongan darah mereka masing, sementara mengetahui golongan darah sangat penting agar ketika seseorang membutuhkan transfuse darah bisa di lakukan dengan cepat tanpa melakukan pengecekan melalui PMI

“Cek golongan darah adalah pemeriksaan yang dilakukan untuk memeriksa golongan darah ABO dan tipe Rh atau Rhesus seseorang” ujar Defi Sulastri

Ia menjelaskan  Cek golongan darah umumnya dilakukan pada seseorang yang memiliki kondisi seperti berikut ini Seseorang yang membutuhkan transfusi darah, dapat disebabkan oleh karena anemia berat, pasca operasi, pendarahan hebat, efek kemoterapi, dan kondisi lainnya. Seseorang yang ingin mendonorkan darah, Seseorang yang ingin mendonorkan organ, atau jaringan tubuh terhadap orang lain.

Sementara itu petugas kesehatan puskesmas Kota Donok Nurbaeti menjelaskan Cara cek golongan darah pertama-tama dilakukan dengan cara mengambil sampel darah untuk dites. Sampel darah diambil dari vena atau dari bagian ujung jari.

“Jarum suntik akan digunakan untuk mengambil sampel darah. Setelah darah selesai diambil, bekas luka tusuk akan ditutup dengan kasa dan perban. Setelah sampel darah diambil, petugas akan menentukan tipe darah dengan cara mencampur sampel darah dengan antibodi A dan B. Jika sel darah menggumpal ketika dicampurkan dengan anti-A, artinya seseorang memiliki golongan darah A. Sedangkan jika darah menggumpal ketika dicampurkan dengan anti-B, maka artinya seseorang memiliki golongan darah B. Golongan darah O tidak akan menggumpal pada kedua antibodi A dan B karena tidak mempunyai antigen A dan B. Sedangkan golongan darah AB akan menggumpal pada kedua antibodi, karena mempunyai antigen A dan B.” jelas Nurbaeti. (Bibin)

Bagikan :