MAN 1 Mukomuko Peringati Tahun Baru Islam Dengan Lomba Syarhil Qur’an

MAN 1 Mukomuko Peringati Tahun Baru Islam Dengan Lomba Syarhil Qur’an

Mukomuko (Inmas). Memperingati 1 Muharram 1441 H, MAN 1 Mukomuko meriahkan dengan mengadakan berbagai kegiatan islami. Peringatan tahun baru Islam dilakukan dengan meriah di halaman madrasah pada, Selasa, 03/09/2019.

Jika tahun baru masehi biasanya dimeriahkan oleh mayarakat dengan ledakan kembang api dan terompet, maka peringatan tahun baru Islam di MAN 1 Mukomuko dimeriahkan dengan lantunan ayat suci Alqur’an dari siswa-siswi hafis Qur’an dan Syarhil.

Kegiatan peringatan 1 Muharram dibuka secara resmi oleh Kepala MAN 1 Mukomuko, Ibu Nursyamsiah, M. Pd. Dalam Sambutannya, Ibu Nur menyampaikan bahwa kegiatan-kegiatan yang akan dilakukan untuk memperingati tahun baru Islam ini hendaknya dapat menjadi motivasi untuk hijrah ke arah yang lebih baik lagi, terutama dalam menjalankan ajaran Islam.

Selain itu, Ibu Nur juga menyampaikan bahwa kita ini adalah sekolah formal yang berciri khas agama. Oleh karena itu, kita jangan kehilangan ciri khas kita, kegiatan-kegiatan kita harus berdasarkan Qur’an dan Hadis. Seluruh siswa MAN 1 Mukomuko harus menjadi hafiz Qur’an karena kedepannya pada kegiatan class meeting kita akan mengadakan cerdas cermat hafiz Qur’an dengan pertanyaan menggunakan ayat kemudian peserta menjawab dengan menyambung ayat yang dibacakan dewan juri, kemudian menyebutkan nama surahnya. 

Tidak hanya itu, bagi siswa yang berhasil hafiz Qur’an minimal Juz 30, kita akan tampilkan didepan orang tua dan pejabat khususnya pejabat kementerian agama bahwa MAN 1 Mukomuko Is the Best. Kegiatan asmaul husna, dan kegiatan-kegiatan Islami lainnya juga harus dilaksanakan disela-sela waktu kegiatan Proses Belajar Mengajar (PBM) agar ciri khas sebagai madrasah dapat kita pertahankan. Dengan begitu masyarakat yang datang akan merasakan perbedaan, saat memasuki sekolah umum dengan Madrasah khususnya MAN 1 Mukomuko, tambahnya.

Kegiatan syarhil Qur’an merupakan kegiatan ke dua yang dilakukan MAN 1 Mukomuko setelah melakukan kegiatan pawai gabungan bersama sejumlah sekolah dan madrasah di wilayah Ipuh pada Minggu, 01/09/2019.

MAN 1 Mukomuko berharap, dengan diadakannya kegiatan tersebut, Siswa MAN 1 Mukomuko lebih cinta terhadap ajaran-ajaran Islam, lebih kokoh keimanannya sebagaimana keimanan yang tertuang dalam alquran dan hadis Nabi Muhammad SAW. *(J88)

 

Bagikan :