Guru MTsN 2 Mukomuko Koleksi 7 Buku Antologi yang Berisi Karyanya

Guru MTsN 2 Mukomuko Koleksi 7 Buku Antologi yang Berisi Karyanya

Mukomuko (Inmas)Berawal dari hobi menulisnya, Muhtohar salah satu guru bidang studi Bahasa Indonesia di MTsN 2 Mukomuko memiliki sedikitnya 7 koleksi buku yang masing-masing buku berisi karyanya. Karya-karya yang ada di buku tersebut mulai ditulisnya sejak masih kuliah. Adapun karya yang ditulisnya saat sudah menjadi guru di MTsN 2 Mukomuko berjudul 'Mengendus Jejak Bengkulu Dalam Catatan Sejarah Perjuangan Kemerdekaan Indonesia'.

Karya tersebut berhasil meraih juara 1 pada ajang lomba menulis yang diselenggarakan oleh Telkomsel Cabang Bengkulu bekerja sama dengan Komunitas Ayo Menulis Bengkulu. Karya yang berupa artikel tentang pesona Bengkulu itu kemudian diterbitkan bersama 42 karya lainnya dari penulis-penulis Bengkulu pada tahun 2016.

Selain artikel, karyanya yang lain seperti puisi, flash fiction, dan cerpen juga ikut terbit bersama buku antologi lainnya. Puisinya yang berjudul 'Om Anti Goresnya Om' yang bercerita tentang wajah budaya pendidikan Indonesia ditulisnya pada tanggal 21 Januari 2017 berhasil diterbitkan bersama 100 karya lainnya yang tergabung dalam buku Kumpulan Sajak Penyair Asean-1.

"Alhamdulillah dari buku-buku yang saya koleksi ini ada beberapa yang saya gunakan untuk media belajar siswa. Di antaranya saat belajar materi tentang majas, unsur-unsur cerpen, dan teks deskripsi," ujar Muhtohar, Selasa (03/09/2019). Selain itu, ia juga selalu berbagi pengalaman kepada para siswanya tentang dunia kepenulisan. Muhtohar juga berpesan kepada siswa yang memiliki bakat menulis agar terus berlatih agar semakin mahir dan nantinya dapat membuat karya yang bermanfaat dan dikenal orang. 

Meskipun sibuk mengajar, saat ini ia masih menekuni hobi menulisnya. Di madrasah tempatnya mengabdi, ia aktif menulis berita madrasah setiap minggunya untuk dikirimkan ke Humas Kemenag Mukomuko dan diterbitkan secara online di Website Kanwil Kemenag Bengkulu.(Muhtohar)

Bagikan :