Pendidikan Hygiene Sanitasi siswa MIN 2 Kota Bengkulu

Pendidikan Hygiene Sanitasi siswa MIN 2 Kota Bengkulu

Kota Bengkulu (inmas) 02/09-Dalam rangka menekan angka penyakit dan meningkatkan derajat kesehatan bagi anak didik di lingkungan sekolah atau Madrasah. Petugas sanitasi dari UPTD Puskesmas Telaga Dewa telah mengadakan pendidikan kesehatan dini  bagi siswa kelas satu Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu pada hari Kamis 29 Agustus 2019 lalu.

Pendidikan kesehatan atau penyuluhan kesehatan ini berlangsung di ruang Musholah MIN 2 Kota Bengkulu dan difokuskan tentang Perilaku Hidup Bersih dan Sehat (PHBS), salah satunya yaitu bagaimana cara mencuci tangan yang baik dan benar, selanjutnya siswa mempraktekan secara langsung cara cuci tangan di halaman madrasah.

Kristina,S.K.m., serta Khairunisa,S.K.m., selaku sanitarian UPTD Puskesmas Telaga Dewa didampingi oleh Tim UKS MIN 2 Kota Bengkulu, Ridwan,S.Km., memperagakan secara detail tahap demi tahap dalam mencuci tangan yang bersih dan benar.serta diputarkan vedio cara mencuci tangan yang benar.

Selaku Tim UKS MIN 2 Kota Bengkulu Ridwan,S.K.m.,menjelaskan “Higiene dan sanitasi sekolah adalah perilaku hidup bersih dan sehat di sekolah dalam rangka meningkatkan kualitas kesehatan lingkungan guna terwujudnya lingkungan sekolah yang sehat yang bersih dan nyaman dan terbebas dari ancaman penyakit”.Ujarnya.

Hal seirama pun dikatakan oleh sanitarian Puskesmas Telaga Dewa Kristina,S.K.m.,”Hygiene dan sanitasi sekolah pelaksanaannya dimotori oleh Usaha Kesehatan Sekolah (UKS). Tujuan UKS adalah untuk meningkatkan mutu pendidikan dan prestasi belajar peserta didik dengan meningkatkan perilaku hidup bersih dan sehat”.Ujar Kristina.

Zinatul Hayati,S.Ag.,selaku kepala Madrasah berharap dengan dilakukannya pendidikan kesehatan secara dini kepada siswa kelas satu, diharapkan anak didik mengerti dan paham betul akan pentingnya kebersihan tangan,  serta  dapat menurunkan angka kesakitan pada anak yang bermuara dari kebersihan tangan.

“kebersihan tangan ini sangat urgensi, karena dari itu kami pihak madrasah mendukung program yanng dilakukan Puskesmas yang selaras dengan program UKS MIN 2 Kota Bengkulu, jika tangan anak didik kita tidak bersih,maka dengan mudah terjangkit penyakit. Semua penyakit bermuara dari tangan yang tidak bersih atau higienis”.Pungkas Zinatul.(Ridwan/Popi)

 

Bagikan :