Ka.KUA Ulok Kupai: Keluarga Berperan Penting Dalam Penurunan Stunting

Ka.KUA Ulok Kupai: Keluarga Berperan Penting Dalam Penurunan Stunting

Bengkulu Utara (Inmas)- Kepala KUA Kecamatan Giri Mulya, Sutrisno,S. Sos. I mengatakan bahwa keluarga mempunyai peranan yang sangat pendtng dalam penurunan stunting, terutama peran ayah dalam pengasuhan.

    Hal ini dikatakan Sutrisno saat memberikan materi parenting dengan tema Peran ayah dalam pengasuhan anak dalam rangka penurunan angka stunting di locus desa talang berantai Kecamatan Ulok Kupai, Rabu, 21 Agustus 2019.

    Dikatakan Sutrisno, beberapa peran penting ayah dalam pencegahan dan penurunan stunting adalah ayah bisa menjadi figur yang dapat memberikan ketenangan, keamanan, kenyamanan, dan kehamornisan dalam keluarga.

    Lebih lanjut Sutrisno mengatakan ayah juga harus memastikan bahwa ibu yang sedang hamil mendapatkan asupan protein hewani yang cukup, di samping zat gizi yang lainnya, seperti karbohidrat, lemak, vitamin, dan mineral, sehingga ibu yang hamil harus cukup mengonsumsi makanan pokok, lauk pauk, sayur dan buah, bahkan porsinya dua kali lipat aoabila dibandingkan dengan ketika tidak sedang hamil.

    Ibu hamil harus juga cukup air minum, yang bersih, sehat dan bebas dari bahan/bahan dan mikroorganisme berbahaya. Oleh karena itu, ayah harus senantiasa mengecek kecukupan ketersediaan bahan pangan yang ada di rumah, dan membantu ibu dalam pengelolaan sumber daya keluarga untuk kecukupan zat gizi.

    Dan terakhir menurut sutrisno, ayah juga berperan penting untuk menjadi teladan dalam penerapan perilaku hidup bersih dan sehat seperti membuang sampah pada tempatnya, menggosok gigi secara teratur, mencuci tangan dengan sabun dan air bersih yang mengalir, membebaskan rumah dari asap rokok, menjaga kebersihan lingkungan rumah sehingga terbebas dari bahan berbahaya atau binatang penyebab penyakit. (Sutrisno, S.Sos)

Bagikan :