Puskesmas dan UKS MIN 2 Kota Bengkulu adakan Pembinaan KESJAOR

Puskesmas dan UKS MIN 2 Kota Bengkulu adakan Pembinaan KESJAOR

Kota Bengkulu (inmas) 27/08-Dalam rangka mewujudkan kesehatan yang optimal bagi peserta didik di Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu, Puskesmas Telaga Dewa dan UKS MIN 2 Kota Bengkulu melaksanakan kegiatan Pembinaan Kelompok Kesehatan Kerja dan Olah Raga (Kesjaor). Bertempat didalam ruangan Kelas VI, hari Rabu tanggal 21 Agustus 2019

Berbeda dengan penjaringan kesehatan, Kesjaor ini khusus difokuskan untuk peserta didik seluruh kelas VI. Kegiatan ini sebagai tindak lanjut dari hasil pertemuan lintas Program dan lintas sektor sosialisasi kegiatan rutin Puskesmas dengan pihak sekolah/madrasah sebelumnya pada hari Kamis 15 Agustus 2019 yang lalu. 

Selaku Ketua UKS MIN 2 Kota Bengkulu, Ridwan,S.K.m menyebutkan sangat pentingnya pembinaan kegiatan Kesjaor ini yang pada dasarnya adalah Promotif / pemberitahuan dan Preventif / pencegahan kesehatan itu sendiri.

 “Untuk itu,  melalui program Kesjaor dibuat kebijakan untuk membangun masyarakat atau peserta didik yang sehat bugar dan produktif dengan menitikberatkan upaya promotif dan preventif.”, tandasnya.

Hal serupa juga diungkapkan oleh petugas Puskesmas Telaga Dewa,  Eni  Suryani, Amd.Kep., yang mengatakan tujuan dari pembinaan Kesjaor ini adalah untuk menciptakan anak sekolah atau peserta didik yang sehat dan bugar serta berprestasi melalui Pembudayaan aktivitas.

Lebih lanjut Eni mejelaskan bahwa “ kebugaran jasmani adalah kecocokan keadaan fisik terhadap tugas yang harus dilaksanakan oleh fisik itu, atau dengan perkataan lain untuk dapat melaksanakan tugas fisik tertentu dengan hasil yang baik diperlukan syarat-syarat tertentu yang sesuai dengan sifat tugas fisik tersebut”. Bebernya.

“ Kebugaran jasmani terdiri dari dua bagian yaitu: kebugaran fisik dan kebugaran fisiologis. Kebugaran fisik (anatomical “structural” fitness) berhubungan dengan masalah-masalah yang bersifat anatomis, yaitu: Tinggi Badan, Berat Badan, kelengkapan anggota badan dan ukuran berbagai bagian badan.

Sedangkan kebugaran fisiologis (physiological “functional” fitness) berhubungan dengan masalah-masalah yang bersifat fisiologis, yaitu: alat-alat tubuh berfungsi dengan baik dalam batas normal, Efisien, Tidak terjadi kelelahan yang berlebihan atau bersifat kumulatif serta telah pulih sempurna sebelum datangnya tugas yang sama pada esok harinya. ”Tahap awal dalam pembinaan kesjaor ini kami hanya monitoring TB dan BB saja ”. Jelas Eni.

Kepala Madrasah Zinatul hayati,S.Ag sangat mengapresiasi kegiatan program baru yang dilaksanakan Puskesmas Telaga Dewa bersama dengan UKS MIN 2 Kota Bengkulu. Dia pun berharap “Dalam berolah raga yang baik benar teratur dan terukur diharapkan menciptakan anak anak didik  yang positf, menjauhkan anak-anak dari tingkah laku yg tidak baik serta meningkatkan pengetahuan dan kecerdasan  dan prestasi dalam belajar”.Pungkas Zinatul. (Ridwan/Popi)

Bagikan :