MIN 2 Kota Bengkulu cegah Stunting dan cacingan pada peserta didik

MIN 2 Kota Bengkulu cegah Stunting dan cacingan pada peserta didik

Kota Bengkulu (inmas) 27/09-Seluruh siswa Madrasah Ibtidaiyah Negeri (MIN) 2 Kota Bengkulu  serentak meminum obat cacing. Kegiatan ini berlangsung di dalam ruang kelas siswa masing masing. Dan dipandu petugas Puskesmas Telaga Dewa  dan Petugas UKS MIN 2 Kota Bengkulu. Kegiatan ini berlangsung hari SEnin 19 Agustus 2019 lalu.

Kegiatan pemberian obat cacing ini bertujuan  dalam rangka mendukung eliminasi filariasis (Penyakit Kaki Gajah) sampai tahun 2020. “Penyakit Kaki Gajah adalah penyakit menular yang disebabkan cacing dan banyak ditemukan di negara tropis seperti Indonesia”.Ujar Tita, petugas Puskesmas Telaga Dewa.

Lebih lanjut Tita menjelaskan beberapa penelitian menunjukan bahwa “anak yang bebas dari infeksi cacing, tubuhnya lebih baik dalam menyerap makanan dan meningkatkan status gizi. Sehingga memengaruhi perkembangan kemampuan kognitif dan perbaikan prestasi anak sekolah”.Ucapnya.

Obat Cacing yang digunakan dalam program ini adalah albenzadol. Obat ini aman dan tidak menimbulkan efek samping. "Pelaksanaan dimulai selama bulan Agustus yang terintegrasi dengan program pemberian vitamin A pada anak balita di Posyandu dan program UKS untuk anak sekolah," jelasnya.

Sebelumnya pihak MIN 2 Kota Bengkulu, melalui Petugas UKS Ridwan,S.K.m  memiliki tanggung jawab dan telah memberikan pengetahuan kepada siswa mengenai pentingnya menjaga kebersihan agar tidak terinfeksi cacing.

“Kami dari pihak madrasah telah memberikan penyuluhan kepada siswa tentang pentingnya menjaga kebersihan agar tidak terkena dari kecacingan. Serta menekankan pentingnya minum obat cacing agar tidak terjadi Stunting atau pertumbuhan yang tidak sesuai pada usia anak”.Ujar Ridwan.

Selaku kepala madrasah Zinatul Hayati,S.Ag melalui petugas UKS selalu mengingatkan untuk terus memberikan penyuluhan kepada siswa. “ Cuci tangan dengan sabun setelah BAB dan sebelum makan. Minum air yang sudah direbus, buang air besar di jamban, dan menjaga kebersihan makanan dari lalat dengan menggunakan tudung saji”.Pungkas Zinatul. (Ridwan/Popi)

Bagikan :