WORKSHOP PEMBELAJARAN DAN PENULISAN SOAL HOTS DI MTSN 1 KOTA BENGKULU

WORKSHOP PEMBELAJARAN DAN PENULISAN SOAL HOTS DI MTSN 1 KOTA BENGKULU

Kota Bengkulu (Inmas) 21/08-Selasa 20 Agustus 2019 bertempat di Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Kota Bengkulu telah dilaksanakan kegiatan Workshop Pembelajaran dan Penulisan Soal HOTS. Soal HOTS adalah penerapan soal dengan keterampilan berpikir tingkat tinggi atau Higher Order Thinking Skills (HOTS) yang sudah diterapkan pada Ujian Nasional Berbasis Komputer (UNBK). Dimana, dengan soal ini siswa tak cuma perlu menghafal, tapi juga bisa menganalisis dan mengevaluasi.

Workshop yang diperuntukkan bagi guru mata pelajaran (mapel) ini mendatangkan nara sumber atau pemateri langsung dari yang benar benar ahli dalam pembuagan soal HOTS, yaitu Widyaiswara dari Pusdiklat Kementerian Agama Jakarta, Ibu Dra. Cut N. Ummu Athia, M.Pd.

Kegiatan workshop ini berjalan lancar, dimana dalam penyampaian materi semua guru yang ada di MTsN 1 Kota Bengkulu mendengarkan dan mengikuti dengan baik semua materi yang disampaikan. Kemudian pada sesi akhir terdapat beberapa diskusi serta tanya jawab antara guru peserta workshop dan pemateri yang pada dasarnya bertujuan memberikan pemahaman yang benar dan baik dalam penulisan soal hots untuk guru guru yang bersangkutan.

Dalam kegiatan ini pemateri juga memberikan pertanyaan soal soal, yakni setiap guru mapel berkelompok membuat contoh soal hots dan kemudian di presentasikan di depan teman guru guru lain yang hadir.

Di harapkan dengan terlaksananya kegiatan ini dapat memotivasi guru guru untuk lebih semangat dan giat lagi dalam mengajar anak anak supaya tercapainya tujuan bangsa indonesia yakni mencerdaskan anak bangsa . (Jefri/Popi)

Bagikan :