MIN 1 Benteng Optimis Bentuk Karakter Siswa dengan FDS

MIN 1 Benteng Optimis Bentuk Karakter Siswa dengan FDS

Benteng (Inmas) - Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Bengkulu Tengah optimis mampu membentuk karakter siswa yang baik dengan diterapkannya Full Day School (FDS). Dengan dukungan dari wali siswa, pendidik dan tenaga kependidikan, sarana prasarana dan lingkungan serta rencana pembelajaran yang baik maka tujuan belajar dapat tercapai dengan baik pula.

Salah satu faktor yang mempengaruhi terjadinya perilaku menyimpang pada anak usia sekolah adalah faktor lingkungan teman. Pengaruh lingkungan teman-teman sebaya terhadap sikap, pembicaraan, minat, penampilan dan tingkah laku lebih besar dari pada pengaruh keluarga. Hal ini disebabkan karena anak usia sekolah lebih banyak berada diluar rumah bersama teman-teman sebaya sebagai kelompok.

Apabila di dalam kelompok tersebut melakukan perilaku menyimpang seperti perilaku merokok atau bahkan mengkonsumsi narkoba maka anak usia sekolah yang ingin berada dilingkungan tersebut akan berusaha mengikuti apa yang dilakukan oleh anggota kelompok tersebut dan akhirnya mereka ikut melakukan perilaku menyimpang yang akan berdampak negatif.

Emiyati , M.Pd Kepala Madrasah Mengatakan “Dengan FDS waktu siswa lebih banyak disekolah, sehingga menciptakan lingkungan teman sebaya yang sehat dan positif yang akan membantu untuk mencegah kenakalan siswa. Dalam kurikulum yang telah disiapkan oleh pemerintah, kegiatan pembelajaran di atur sedemikian rupa untuk membentuk karakter siswa dan tercapainya tujuan pembelajaran.”

Metode pembelajaran yang diterapkan harus menyenangkan dan tidak membosankan. Full Day School dapat menjadi solusi bagi kenakalan anak usia sekolah dan juga menjadi salah satu cara membentuk krakter anak yang baik. (Anita NS)






Bagikan :