Latih Siswa Tampil di Depan Umum, MTsN 6 MM Rutin Adakan Kultum

Latih Siswa Tampil di Depan Umum, MTsN 6 MM Rutin Adakan Kultum

Menyampaikan pendapat atau gagasan di depan umum tidak semudah yang dibayangkan. Terkadang hal sepele yang biasa dibicarakan, namun saat akan disampaikan di muka umum, di depan banyak orang akan terasa susah. Untuk mengasah kemampuan siswa siswa tampil di depan umum, Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko adakan program Kultum atau Kuliah Tujuh Menit bagi para siswa.

Setiap harinya, dijadwalkan satu siswa atau siswi untuk menyampaikan kultumnya setelah Shalat Dzuhur berjamaah. Siswa memberikan kultum di depan para guru dan teman-temannya. Tema yang disampaikan dalam Kultum bebas sesuai dengan minat para siswa. Meskipun hanya beberapa menit, namun kegiatan ini dapat memberikan beberapa manfaat untuk siswa-siswi MTsN 6 Mukomuko.

Kepala MTsN 6 Mukomuko, Triyono mengatakan bahwa kegiatan ini untuk melatih mental siswa saat tampil di depan umum. Materi yang disampaikan menurut Triyono tidak ditentukan, diserahkan kepada siswa yang mendapatkan giliran.

“Seluruh siswa mendapatkan jadwal untuk kultum, setiap ba’da sholat dzuhur berjamaah secara bergiliran,” papar Triyono.

Menurut pemantauannya selama berjalannya Kultum, menurut Triyono Setiap siswa mempunyai karakter yang berbeda-beda dalam menyampaikan kultumnya. Ada siswa yang berpidato dengan gayanya yang lucu, unik, menyentuh, dan lain-lain. Sehingga, melalui kegiatan kultum ini diharapkan mampu melahirkan bakat-bakat muda yang bisa saja suatu hari nanti menjadi penceramah yang baik dan bermanfaat bagi umat. (Mustopa)

Bagikan :