MTsN 1 Seluma Gelar Shalat Gaib untuk KH. Makmun Zubair

MTsN 1 Seluma Gelar Shalat Gaib untuk KH. Makmun Zubair

Seluma (Inmas) -  Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) Jum’at, 9/8/2019, dipimpin oleh sala seorang Guru Pembina Keagamaan, Sumasri, S.Ag. MTsN 1 Seluma laksanakan Shalat Ghaib dan do’a bersama atas meninggalnya sala seorang tokoh bangsa, Ulama Kharismatik, KH. Makmun Zubair yang meninggal beberapa waktu yang lalu dan telah dimakamkan di Tanah Suci disaat beliau menunaikan Ibadah Haji Rukun Islam yang kelima.

Seluruh siswa siswi MTsN 1 Seluma mengikuti kegiatan tersebut sesuai instruksi Kepala MTsN 1 Seluma, Linhari, M.Pd beserta seluruh Guru dan ASN ikut serta.

Namun sebelum shalat Ghaib dimulai, Linhari, M.Pd selaku Kepala Madrasah menjelaskan sedikit perihal yang akan kita kerjakan pada seluruh siswa, diantaranya Tata cara Shalat Ghaib kepada siswa  meski sudah banyak siswa mengerti dan paham hal tersebut.

Linhari Menambahkan bahwa Sholat ghaib adalah sholat yang dilakukan tatkala seorang muslim yang meninggal dunia pada tempat yang jauh dan tidak mungkin didatangi. Untuk pelaksanaan sholatnya sendiri sama dengan pelaksanaan sholat jenazah, hal yang berbeda hanya pada niatnya saja.

“Bapak mengingatkan untuk kita semua bahwa shalat ini dilakukan dengan 4 takbir tanpa ruku’, ‘I’tidal dan sujud, dengan bacaannya sama saja dengan sholat jenazah yang bukan ghaib, hanya niatnya saja disebutkan atas mayit ghaib.” Jelasnya. (sy/bn).

 

 

 

Bagikan :