MTsN 2 Mukomuko Adakan Penjaringan Kesehatan Siswa Bekerja Sama Dengan Puskemas Bukit Mulya

MTsN 2 Mukomuko Adakan Penjaringan Kesehatan Siswa Bekerja Sama Dengan Puskemas Bukit Mulya

Mukomuko (Inmas), MTsN 2 Mukomuko kembali mengadakan kerja sama dengan Puskesmas Bukit Mulya dengan melaksanakan pemeriksaan dan penyuluhan dalam rangka penjaringan kesehatan siswa kelas VII. Kegiatan yang berlangsung di aula madrasah itu dimanfaatkan tim medis untuk memeriksa kondisi kesehatan dengan target siswa baru Tahun Pelajaran 2019/2020.

Adapun fokus pemeriksaannya yaitu tinggi badan, berat badan, buta warna, telinga, gigi, dan mulut.Teknis pelaksanaannya siswa dipanggil secara bergiliran kemudian diperiksa kondisi gigi, telinga, tinggi dan berat badan. Untuk pemeriksaan buta warna  siswa diminta untuk menyebutkan angka dan pola yang diminta pihak medis, kemudian siswa di data sesuai kondisi kesehatannya. Tampak hadir pula beberapa dewan guru mendampingi tim medis saat pemeriksaan berlangsung.

"Adik-adik kalau mau membersihkan kotoran telinga harus menggunakan cutton bud. Jangan pakai bulu ayam. Gerakannya pun harus searah, agar kapasnya tidak lepas dan tertinggal di dalam telinga," ujar Sri Haryani, salah satu tim medis Puskemas Bukit Mulya saat memberikan pengarahan kepada para siswa, Rabu (31/07/2019) di aula madrasah.

Tim medis tidak hanya melakukan pemeriksaan kesehatan semata. Namun, memberikan penyuluhan tentang kesehatan dan berpesan kepada beberapa siswa yang dinilai kondisi kesehatannya bermasalah. 

Ucapan terima kasih disampaikan oleh kepala madrasah kepada Puskesmas Bukit Mulya yang telah bekerja sama dengan baik dalam menjalankan agenda rutin itu.

Kegiatan penjaringan kesehatan siswa dipandang perlu sebagai upaya pihak madrasah untuk memberikan layanan pendidikan yang baik sesuai kondisi dan kebutuhan masing-masing peserta didik. (Muhtohar).

Bagikan :