Pengawas Madrasah Harapkan Guru MTsN 6 MM Lengkapi Perangkat Pembelajaran

Pengawas Madrasah Harapkan Guru MTsN 6 MM Lengkapi Perangkat Pembelajaran

Mukomuko (Inmas), Pengawas Madrasah Tingkat MTs, Hj. Sukmawati, Kamis,(25/07) melakukan kunjungan ke Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko. Dalam Kunjungannya Sukmawati melaksanakan supervisi terhadap guru dengan membagikan Instrumen Pemantauan Guru.

Form instrumen tersebut berisi data guru, kegiatan belajar mengajar, perangkat administrasi guru, kegiatan penilaian, perangkat tambahan dan tugas tambahan guru.

“Perangkat administrasi guru mulai Silabus, Kalender akademik, program tahunan, program semester, RPP, Rencana pelaksanaan harian, buku absensi siswa, buku catatan hambatan belajar siswa dan daftar buku pegangan guru juga siswa harus diperhatikan, perangkat harus dilengkapi, karena sebagai panduan bagi seorang guru untuk mengajar,” Jelas Hj. Sukmawati.

Perangkat pembelajaran menurut Sukmawati adalah pemberi arah bagi seorang guru. Hal tersebut penting karena proses pembelajaran adalah sesuatu yang sistematis dan terpola. Menurutnya masih banyak guru yang hilang arah atau bingung ditengah-tengah proses pembelajaran hanya karena tidak memiliki perangkat pembelajaran.

“Oleh karena itu, perangkat pembelajaran memberi panduan apa yang harus dilakukan seorang guru di dalam kelas. Selain itu, perangkat pembelajaran memberi panduan dalam mengembangkan teknik mengajar dan memberi panduan untuk merancang perangkat yang lebih baik,” tambahnya.

Selain melaksanakan supervisi, dalam kunjunganya Sukmawati juga meminta data guru dan siswa. Ia berpesan agar kualitas pendidikan di MTsN 6 Mukomuko lebih ditingkatkan.

Kepala MTsN 6 Mukomuko, Triyono, S.Pd mengucapkan terima kasih atas kunjungan pengawas ke madrasah. Ia berharap dengan kunjungan tersebut memberikan kontribusi untuk peningkatan kualitas pendidikan di MTsN 6 Mukomuko. (Mustopa)

Bagikan :