29 Siswi Baru MTsN 6 MM Terima Tablet Tambah Darah

29 Siswi Baru MTsN 6 MM Terima Tablet Tambah Darah

Mukomuko (Inmas), Petugas dari Puskesmas Bukit Mulya, Dr. Ade Chandra dan Sajak, S.Kep, Senin,(29/07) melakukan penyuluhan dan pembagian Tablet Tambah Darah (TTD) kepada dua puluh sembilan siswi kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko.

Dr. Ade Chandra menjelaskan bahwa penyulusan dan pembagian tablit tambah darah ini merupakan program Kementerian Keseharan RI untuk mengurangi resiko penyakit anemia. Menurutnya Anemia adalah suatu penyakit dimana sel darah merah (Hb) berada di bawah normal.

Lebih lanjut Ade menjelaskan bahwa remaja putri mengalami siklus haid rutin yang mengurangi darah dalam jumlah cukup banyak. Pola makan serta gaya hidup yang kurang baik juga meningkatkan risiko anemia.

"Fungsi pemberian tablet tambah darah bagi remaja putri ini untuk meninggikan hemoglobin atau Hb darah, sebagai persiapan jangan sampai menyulitkan para remaja putri itu ketika memasuki usia menikah, sehingga bisa menjadi kematian ibu dan bayi saat melahirkan," jelasnya.

Ditambahkannya, karena itu pemerintah sejak dini melaksanakan program tablet tambah darah untuk remaja putri ini, supaya kadar Fe atau zat besi dalam darahnya tercukupi

Setelah menyampaikan penyuluhan tentang bahaya penyakit anemia dan manfaat obat tambah darah, petugas membagikan TTD kepada seluruh siswi yang hadir yaitu sebanyak 72 siswi. Petugas berpesan agar TTD tersebut dimimum sesuai dengan aturan, diantaranya diminum setelah makan, kemudian setelah minum TTD tersebut jangan langsum minum susu atau kopi, karen obat tersebut akan menjadi netral atau tidak bereaksi. (Mustopa)

Bagikan :