Kapolsek Sukaraja Berikan Pembinaan Kepada Siswa MTSN 1 Seluma

Kapolsek Sukaraja Berikan Pembinaan Kepada Siswa MTSN 1 Seluma

Seluma (Inmas) - Madrasah Tsanawiyah Negeri (MTsN) 1 Seluma, Senin  22 Juli 2019 menerima kunjungan dari Kepolisian Sektor Sukaraja yang diwakili oleh Kepala Unit (Kanit) Reskrim polsek Sukaraja, Aipda Komar yang akan memberikan pembinaan dan pengarahan siswa-sisiwi MTs Negeri 1 Sukaraja

Kegiatan pembinaan ini adalah merupakan tugas Kepolisian diantaranya Melindungi, Mengayomi, dan Melayani, serta Penegakan Hukum juga sebagai wujud kerja sama lintas Sektoral.

Kepala MTs Negeri 1 Sukaraja, Linhari, M.Pd. menyampaikan program pembinaan ini  sebagai tindak lanjut dari program Pemerintah yang berkaitan dengan keamanan dan kenyamanan dilingkungan Sekolah.

Pada pengarahannya AIPDA Komar menyampaikan ada lima poin yang harus diperhatian oleh siswa yaitu :

      1. Tertib Lalulintas.       pengendara kendaraan bermotor harus menggunakan helm, tidak boleh dengan kecepatan   tinggi dan kebut kebutan, tidak boleh boncengan lebih dari satu orang, tidak boleh standingan, dan tidak boleh menggunakan knalpot yang mengganngu pendengaran.

  1. Penggunaan HP. Siswa dilarang meng upload kontens pornografi dan sejenisnya termasuk hoax
  2. Konsumsi Miras. Siswa dilarang mabuk mabukan minum minuman keras, dan zat zat adiktif lainnya.
  3. Kejahatan seksual. Siswa dilarang melakulan praktik Sodomi, pelecehan terhadap sesama teman, melakukan pemotretan terhadap perilaku menyimpan sesama teman, dll.
  4. Mendekatkan diri dari perilaku yang manusiawi dan islami seperti, sopan santun, hormat menghormati, sabar, budi pekerti luhur, dan belajar menghargai orang lain. Terkhusus bagi Siswi untuk senantiasa Berhijab baik diseko;ah maupun diluar sekolah.

Selain kelima poin diatas AIPDA Komar juga menambahkan bahwa para siswa harus memiliki norma, etika, budi pekerti yang baik sesuai dengan norma dan etika yang ada di masyarakat, siswa juga harus memilki kesadaran hukum yang baik sehingga diharapkan siswa tidak tidak melanggar hukum, pada diri siswa harus tumbuh rasa solidaritas, kesetiakawanan dan kebersamaan yang tinggi , lakukanlah kegiatan-kegiatan yang positif yang bertujuan untuk mengembangkan potensi diri, agar menjadi manusia yang cerdas serta beriman dan bertaqwa kepada Tuhan Yang Maha Esa. Jadilah warga negara yang yang baik guna mensukseskan pembagunan. Siswa harus mampu memelihara komunikasi yang baik dengan dewan guru dan orang tua. Penyampaian sosialisasi ini merupakan cara pendekatan kepada anak-anak agar bisa mewaspadai ancaman kenakalan remaja, kekerasan dan pelecehan seksual.

Dalam penyuluhan, anak-anak menanggapi sangat serius sebab penyuluhan tersebut dapat memberi informasi tentang bentuk-bentuk kekerasan terhadap anak. Penyuluhan yang dilakukannya merupakan bagian dari bentuk sosialisasi yang dilaksanakan secara berdialog langsung dengan suasana kekeluargaan yang tenang sehingga anak-anak dapat memperhatikan materi yang diberikan.

Diakhir petemuan Kepala MTsN 1, Linhari M.Pd menyampaikan rasa Terima Kasih kepada Polsek Suaraja atas pembinaan yang diberikan, “ mudah-mudahan kerja sama kita dalam mendidik, membimbing, anak-anak bangsa betul-betul menjadi anak bangsa yang berguna bagi dirinya, keluarganya, madrasahnya,bangsa dan negara”.ujarnya. (SA/BN).

Bagikan :