Hari Pertama Di Madinah Jemaah Haji Kabupaten Lebong Focus Salat Arbain

Hari Pertama Di Madinah Jemaah Haji Kabupaten Lebong Focus Salat Arbain

Lebong. 107 Jemaah haji Kabupaten Lebong termasuk gelombang  1   yang  tergabung dalam  keloter 12 Padang telah tiba di Madinah pada hari Rabu tanggal 17 Juli 2019 waktu setempat  dan langsung menempati hotel Taiba Aracsuites.

Kepala Kantor Kementerian Agama Kabupaten Lebong Mansyahri mengatakan bahwa jemaah haji kabupaten Lebong akan melewati kurang lebih delapan hari di Madinah. “Selama di Madinah semua jemaah haji Kabupaten Lebong fokus melaksanakan salat arbain”ujar Mansyahri di ruang Kerjanya pada Jumat ( 19/07) sesaat setelah menerima laporan dari ketua rombongan jemaah haji Kabupaten Lebong  

Ia juga menjelaskan bahwa salat  arbain hukumnya sunnah dan tidak termasuk rukun atau wajib haji,  salat arbain adalah melaksanakan salat  40 waktu subuh, dzuhur, ashar, magrib dan isya secara tidak terputus atau terus menerus berjamaah di masjid Nabawi. Yang merupakan kewajiban pertama kali di perintahkannya untuk melaksanakan salat kepada Nabi Muhammad SAW.

Kemudian Di lanjutkan jyarah ke Raudah yang ada di sekitar komplek Masjid Nabawi yaitu tempat antara mimbar masjid nabawi dan makam nabi Muhammad Saw  yang merupakan  tempat mustajab untuk berdoa. Jemaah harus antri berjam-jam untuk dapat berdoa di Raudah” ujar Mansyahri

Setelah itu para jemaah Kabupaten lebong juga berziarah ke tempat-tempat situs yang bersentuhan langsung dengan perjuangan nabi bersama sahabat-psahabanya seperti Masjid Qiblatain, Masjid Quba, Makam Baqi, Jabal Uhud, dan terakhir ke Pasar Kurma.

Penulis Bibin

Bagikan :