Gerhana Bulan, Siswa MAN 1 Mukomuko Laksanakan Shalat Khusuf

Gerhana Bulan, Siswa MAN 1 Mukomuko Laksanakan Shalat Khusuf

Mukomuko (Inmas), Peristiwa gerhana bulan terjadi, Siswa MAN 1 Mukomuko dirikan shalat gerhana bulan atau yang dikenal dengan istilah shalat khusuf. Shalat khusuf dilaksanakan pada Rabu, 17 Juni 2019 tersebut diselenggarakan di mushalla MAN 1 Mukomuko.

Shalat gerhana bulan (shalat khusuf) yang dilaksanakan di MAN 1 Mukomuko bukanlah kali pertama dilaksanakan, tahun sebelumnya juga pernah terjadi gerhana matahari. Hal ini dilaksanakan sesuai hadis Nabi Muhammad SAW untuk bertakbir mengerjakan shalat ketika melihat gerhana.

Sebelum melaksanakan shalat khusuf, siswa mengikuti pengarahan dan penjelasan dari Wakil Kepala Bidang Kesiswaan, Bapak Doni Irawan, S. Pd.I mengenai tata cara pelaksanaan shalat khusuf. Selain itu, Bapak Doni Irawan juga menjelaskan keutamaan shalat khusuf sesuai hadis Rasulullah SAW.

Usai medengarkan penjelasan mengenai tatacara dan keutamaan shalat khusuf, seluruh siswa yang hadir di mushalla mulai melaksanakan shalat khusuf berjamaah.

            Setelah melaksanakan shalat, seluruh jamaah berdo’a bersama dengan harapan dijauhkan dari mara bahaya dan diberikan kesehatan untuk melaksanakan proses belajar mengajar khususnya di MAN 1 Mukomuko dan pada umumnya keselamatan untuk seluruh umat manusia. *(J88)

 

 

Bagikan :