Matsama MTsN 6 MM, Siswa Wajib Bisa Baca Al-Qur’an dan Sholat

Matsama MTsN 6 MM, Siswa Wajib Bisa Baca Al-Qur’an dan Sholat

Mukomuko (Inmas), Dalam rangkaian masa ta’aruf siswa madrasah (Matsama), Madrasah Tsanawiyah Negeri 6 Mukomuko melakukan tes baca tulis al-Qur’an dan bacaan doa sholat, Kamis (11/07). Hal ini dilaksanakan untuk mengetahui sejauh mana kemampuan siswa siswi baru yang akan menempuh pendidikan di MTsN 6 Mukomuko dalam hal baca al-Qur;an dan Sholat.
    Ketua Panitia Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Tahun Pelajaran 2019/2020, Sri Maryati SHI mengatakan bahwa siswa siswi MTsN 6 Mukomuko wajib bisa baca al-Qur’an dan Sholat. Untuk mengetahui kemampuan siswa baru ini, makanya menurut Sri diadakan tes baca Qur’an dan sholat.
    “Bagi yang lulus tes ini akan diberikan sertifikat lulus tes baca al qur’an dan sholat, sedangkan bagi yang tidak lulus akan diberikan bimbingan khusus, dengan target selama dua bulan siswa bisa baca al-qur’an atau sholat,” Jelas Sri Maryati.
    Lebih lanjut Sri menjelaskan, terdapat empat penilaian untuk tes baca tulis al Qur’an yaitu Makhraj, Tajwid, kelancaran dan kemampuan menulis. Sedangkan untuk tes bacaan sholat terdapat delapan poin penilaian meliputi bacaan doa iftitah, surat al fatihah, bacaan surat pendek, bacaan rukuk, bacaan i’tidal, sujud, duduk antara dua sujud, bacaan tasyahud awal dan akhir.
    “hasil tes dari 45 siswa baru berfariasi, ada yang sudah lancar, ada juga yang masih butuh bimbingan, dengan tes inilah kami jadikan sebagai dasar pemetaan pembelajaran khusus, jangan sampai siswa madrasah tidak bisa baca qur’an dan tidak bisa sholat,” kata Sri Maryati yang juga sebagai Kepala Tata Usaha MTsN 6 Mukomuko. (Mustopa)

Bagikan :