JFU Bimas Islam Narasumber Manasik Haji Tingkat Kecamatan

JFU Bimas Islam Narasumber Manasik Haji Tingkat Kecamatan

Seluma (Inmas) - Kantor Urusan Agama (KUA) Kecamatan Sukaraja  dan Kec. Seluma Timur melaksanakan Manasik Haji di dua tempat yang berbeda.  Manasik haji tersebut dilaksanakan mulai dari hari Rabu tanggal 19 sampai hari Rabu  26 Juni 2019.

Kepala KUA  Seluma Timur   Drs. Rasiya  Sebagai Koordinator Pelaksana manasik haji tingkat  Kecamatan yang tergabung dalam Kelompok 3 dalam  sambutannya mengucapkan selamat datang kepada  para Nara Sumber dari kemenag Seluma.  Manasik pada hari ini adalah pertemuan yang ketiga dan seluruh Calon Jamaah Haji Kelompok 3 yang berasal daro Kec. Seluma Timur, Talo Induk, Ulu Talo, Ilir Ta;lo dan Talo Kecil serta Jamaah dari Kec. Semidang Alas Maras hadir pada kesempatan hari ini.

Mahbain, S,IP JFU Bimas islam Kemenag Seluma Sala satu Narasumber dalam pertemuan ini menjelaskan tentang Jama Qashar bagi Jamaah Haji yang mulai berangkat dari Tanah Air sampai dengan Tanah Suci dan dari Tanah Suci sampai dengan Tanah Air.

Selanjutnnya H. Mahbain menjelaskan tentang tiga hal yang dilakukan di Padang Arafah yaitu Takhally yang artinya membersihkan, ini dilakukan dengan muhasabah yaitu dengan menghadirkan dosa-dosa yang selama ini, berapapun dan sekecil apapun dosa kita harus dicatat seluruhnya. Tahally yaitu dengan mengisi hati dengan yang baik-baik misalnya dengan berzikir, membaca Alquran, serta berdoa.

Dan hal yang ketiga dilakukan adalah Tajally yang maksudnya memohon ampun kepada Allah SWT, demikian disampaikan  H. Mahbain.

Bagikan :