Manasik tingkat Kecamatan terbagi Empat Kelompok

Manasik tingkat Kecamatan terbagi Empat Kelompok

Seluma (Inmas) - Pelaksanaan Pelatihan dan pembekalan ibadah haji (manasik haji) lanjutan akan dilaksanakan ditingkat Kecamatan bagi Calon Jemaah Haji (CJH) Kab. Seluma, direncanakan bakal dilaksanakan mulai tanggal 19 - 26 Juni 2019 mendatang.

Hal itu disampaikan oleh Kepala Seksi (Kasi) Pelaksana Haji dan Umroh, Kemenag Seluma, H. Ahmat Marhaen, M.Pd. 

Menurutnya rencana pelaksanaan manasik haji pada tanggal tersebut itu merupakan manasik haji lanjutan bagi CJH se-Kabupaten Seluma yang pelaksanaanya dilaksanakan di Kecamatan yang terbagi menjadi 4 Kelompok. Terdiri dari kelompok 1 KUA Kec. Seluma, Kelompok 2 KUA Kec. Sukaraja , Kelompok 3 terdiri dari 5 KUA yang berpusat di kec. Seluma Timur dan Kelompok 4 KUA Kec. Air Periukan beranggotakan  KUA Lb. Sandi, KUA Seluma barat, KUA Seluma timur dan KUA Seluma utara.

"Manasik haji dilaksanakan sebanyak 2 kali bagi masing-masing jamaah haji, yakni satu kali mengikuti manasik haji Kabupaten dan 1 kali pelaksanaan manasik haji ditiap-tiap Kelompok di Kecamatan CJH berasal," terang Marhaen.

Masih kata Marhaen untuk tahun 2019 ini bimbingan manasik haji Kabupaten telah laksanakan lebih dulu, kemudian baru melaksanakan manasik haji di Kecamatan yang dilakukan KBIH (Kelompok Bimbingan Ibadah Haji) masing-masing.

"Sedangkan untuk manasik haji kecamatan itu keseluruhannya beranggotakan 203 jemaah haji," beber Marhaen sapaan akrabnya.

Untuk saat ini pembuatan paspor dan persyaratan lainnya sudah terpenuhi untuk tingkat Kabupaten, bahkan direncanakan Kemenag Seluma bakal mengajukan pembuatan visa bagi CJH Seluma  Provinsi Bengkulu.

Seperti diketahui, CJH Seluma tahun 2019 ini kuota CJH Seluma yang bakal berangkat ada 203 jemaah. Jumlah kuota tersebut bertambah setelah adanya penambahan Kouta dari Pemerintah arab saudi. (SA/BN).

Bagikan :