Kabag TU Kanwil Kemenag Narasumber Manasik Haji Kab. Seluma 2019

Kabag TU Kanwil Kemenag  Narasumber Manasik Haji Kab. Seluma 2019

Seluma (Inmas) - Manasik Bagi Calon Jamaah Haji Kabupaten Seluma, yang akan berangkat ke Tanah Suci Tahun 2019, digelar selama 2 hari, Senin dan Selasa (18-19/06/2019). dan diikuti oleh 203 Calon Haji.

Bimbingan manasik haji ini dibuka secara resmi Oleh Kepala Kemenag Seluma Drs. H. Herman Yatim, MM dan dihadiri pula oleh Kasi PHU Kemenag Kab. Seluma, H. Ahmat Marhaen, M.Pd. serta hadir pula TPIH Kloter 7 bapak H. Yasaro Maksum, beserta  TIM Pebina haji dari Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu.

 

Kepala Kemenag Seluma dalam sambutannya mengatakan, ibadah haji adalah ibadah yang membutuhkan persiapan yang matang, selain niat dan semangat keagamaan yang ikhlas, juga harus diiringi dengan persiapan fisik dan mental, karena persiapan ini penting agar pelaksanan ibadah haji benar-benar dapat berjalan dengan baik.

Salah satu persiapan jamaah calon haji yang penting adalah pengetahui tentang pelaksanaan ibadah haji, pengetahuan tersebut penting karena dalam menjalankan ibadah haji para jamah diharapkan dapat mandiri.

"Para jama’ah jangan terlalu tergantung kepada pembimbing ibadah haji yang jumlah dan waktunya sangat terbatas," Tegar Herman.

Dalam Kesempatan tersebut Kabag TU Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu, Drs. H. Yasaroh Maksum, M.Ag sebagai Narasumber menjelaskan, bimbingan manasik haji sengaja dilaksanakan, tujuannya agar para calon jemaah haji dapat mempersipkan segala sesuatunya sejak dini.

Sebab calon jemaah haji sudah mengetahui sejak dini, terutama hal-hal terkait dengan pemeliharaan kesehatan, maka perjalanan haji akan lebih efektif dan mulus.

Diakhir Materinya, Yasaroh Maksum berpesan kepada para calon jama’ah haji untuk dapat menjaga kesehatan dan lakukan olah raga ringan.

“Mulai sekarang lakukan olah raga ringan, seperti jalan jalan agar fisik kita terlatih. Soalnya disana kesehatan fisik sangat diperlukan,” imbuhnya.

Sementara itu, Kasi PHU Kantor Kementerian Agama Kab. Seluma, H. Ahmat Marhaen, M.Pd menjelaskan bahwa keberangkatan CJH asal Kab. Seluma sebanyak 203 jama’ah yang terdiri dari 172 Jamaah Reguler dan 31 jamaah tambahan.

Beliau juga menambahkan bahwa untuk Jamaah Haji Kabupaten seluma terdiri dari 2 Kloter yaitu kloter 7 dan 10 dengan keberangkatan melalui Embarkasi Padang Sumatra Barat.

"Satu jemaah diantaranya pembimbing atau pendamping haji," kata Marhaen.

Kemudian untuk pelaksanaan bimbingan manasik haji ini akan dilaksanakan kurang lebih 2 hari dan tempatnya di halaman Masjid Agung Baitul Falihin yang beralamat di Kel. Pasar Tais. (SR/BN)

Bagikan :