Praktis, MTsN 2 Mukomuko Mulai Terapkan Ujian Sekolah Berbasis Android

Praktis, MTsN 2 Mukomuko Mulai Terapkan Ujian Sekolah Berbasis Android

Mukomuko (Inmas), Belajar dari pengalaman-pengalaman sebelumnya mengenai inovasi baru pelaksanaan ujian nasional dengan menggunakan basis komputer yang sudah berhasil diterapkan, kali ini MTsN 2 Mukomuko kembali berupaya untuk melakukan inovasi baru pada pelaksanaan ujian semester kelas VII dan VIII dengan menggunakan basis android. 

Selain lebih praktis, penggunaan android dinilai dapat mengatasi permasalahan mengenai keterbatasan penyediaan komputer yang dimiliki pihak madrasah. Di sisi lain, penggunaan sistem android untuk media ujian dapat memberikan edukasi kepada para siswa tentang pemanfaatan android yang dimilikinya untuk hal-hal yang positif.

Android berbagai merek yang digunakan siswa untuk ujian sebagian besar milik pribadi. Sedangkan bagi siswa yang belum memiliki android nanti akan secara bergantian menggunakan android peserta ujian lainnya.

"Saat ujian berlangsung siswa di larang membuka aplikasi selain aplikasi ujian (Computer Assisted Test MTsN 2 Mukomuko).  Kalian harus fokus mengerjakan soal-soal yang disediakan," imbau panitia ujian kepada para siswa sebelum melaksanakan ujian,  Jumat (14/06/2019).

Pada kesempatan yang sama, kepala madrasah menyambut baik dengan adanya inovasi baru ini. Ia berharap pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Android (USBK) itu dapat berjalan lancar sampai hari terakhir.

Pelaksanaan USBK di hari pertama sempat terkendala dengan kondisi jaringan server yang tidak mampu mencakup akses wifi seluruh siswa. Solusi yang dilakukan adalah dengan cara memasang server di masing-masing kelas sehingga tidak terjadi lagi loading saat mengakses aplikasi USBK.

Sebelum melaksanakan ujian, siswa juga beberapa kali menjalani simulasi agar saat ujian berlangsung tidak mengalami kesulitan. Menurut kepala madrasah, untuk ke depannya sistem pelaksanaan Ujian Sekolah Berbasis Android (USBK) ini akan terus diterapkan dan tidak lagi menggunakan kertas. (Muhtohar).

Bagikan :