Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu: Pancasila Harus Diperjuangkan

Ka.Kanwil Kemenag Bengkulu: Pancasila Harus Diperjuangkan

Bengkulu (Inmas)- Kepala Kanwil Kementerian Agama (Kemenag) Provinsi Bengkulu, Drs.H.Bustasar MS,M.Pd menegaskan bahwa pancasila sebagai suatu keyakinan dan pendirian yang asasi harus terus diperjuangkan.

    Hal tersebut disampaikan Ka.Kanwil saat menjadi pembina upacara peringatan Hari lahir Pancasila, 1 Juni 2019 bersama seluruh ASN Kanwil Kemenag Provinsi Bengkulu di Halaman Kanwil Kemenag Bengkulu, Sabtu pagi (1/6).

    Menurutnya, saat membacakan Sambutan Kepala Badan Pembinaan Idiologi Pancasila (BPIP), keberagaman ras, etnis, agama, kepercayaan dan budaya sudah ada sejak masa pra aksara hingga sekarang dan terbukti Indonesia hidup dan bahagia dengan keberagaman itu.

    Sebagai anugrah yang diberikan oleh Allah.SWT yang digali oleh para pendiri bangsa pancasila harus dapat menjadi dasar negara, idiologi negara dan pandangan hidup bangsa dari dulu hingga dimasa yang akan datang.

    "Kita harus bersyukur memiliki pancasila, karena dengan pancasila nilai-nilai inklusivitas, toleransi dan gotong royong keberagaman yang akan menjadi sebuah berkah dalam slogan Bhineka Tunggal Ika," tambahnya.

    Begitu pentingnya keberadaan Pancasila, maka sesuai dengan pesan Presiden RI, Ir.Joko Widodo, H.Bustasar menyebutkan bahwa memperingati dan merayakan hari lahir Pancasila setiap tanggal 1 Juni adalah sebuah keniscayaan.



    Untuk itu, ia berpesan kepada seluruh ASN khususnya ASN Kemenag Provinsi Bengkulu, pertama ASN harus terus mengenang dan merefleksikan momentum sejarah dimana para pendiri bangsa berhasil menggali nilai-nilai fundamental bangsa indonesia sebagai dasar negara.

    "Mari kita bersama mengamalkan dan mengamankan pancasila secara simultan dan terus menerus,"katanya dihadapan 161 ASN Kanwil Kemenag Bengkulu.

    Kedua, dengan merayakan hari lahir pancasila, mari bersama membangun kebersamaan dan harapan untuk menyongsong kehidupan berbangsa dan bernegara yang lebih baik. "Kita Indonesia, kita pancasila, ASN harus optimis dan percaya diri serta penuh harapan dalam menatap masa depan sebagai bangsa yang maju, adil dan makmur,"tutupnya

   

Bagikan :